Jumat, 01 Agustus 2014

Cara Copy-Paste pada Entrian Formulir di Internet yang Diblokir/Diproteksi

Copy-Paste adalah inovasi paling kaya guna bagi pengguna sistem operasi berbasis grafis (GUI). Istilahnya demikian merakyat hingga biasa kita dengar saran, "Kopas aja...".
   Salah satu kemudahan yang diberikan fitur ini adalah kita juga bisa mengkopaskan password ke entrian login di Internet.
   Namun, ada kalanya, entrian tertentu diproteksi dan tak bisa tidak harus diketikkan isiannya. Ini menyulitkan pengguna utilitas KeePass yang terlanjur membuat strong password yang biasanya terdiri dari rangkaian karakter dan simbol acak yang tak jarang panjang.
   Untungnya, ada cara mengakali keadaan ini. Kita akan menggunakan contoh isian formulir di sebuah situs dengan Cyberfox (varian Firefox 64-bit)—meski cara ini juga bisa dengan mudah diterapkan pada peramban lain seperti Google Chrome, IE, atau Opera.
1. Buka halaman isian contoh, lalu tekan F12 untuk membuka Developer Tools pada bingkai di bagian bawah peramban.
2. Klik Inspector pada bilah-alat/toolbar dari Dev. Tools,
Cyberfox, Developer mode > Inspector
3. Kini klik picker berikon panah di bagian kanan bilah-alat, lalu tunjuk entri/isian yang diblokir, yakni Retype Email:*,
Cyberfox, Dev. Mode > Inspector > Pick an element > modify onpaste=true
4. Temukan kode onpaste="return false" lalu klik 2 kali padanya, sunting false menjadi true lalu Enter, dan simsalabim, kitapun bisa menyalinkan (kopas) surel pada entrian ini.
   Cara lain adalah dengan menghapus seluruh kode onpaste="return false", lalu Enter.
   Efek dari penyuntingan di atas hanya sementara hingga kita memuat-ulang/reload halaman itu.

Menggunakan Ekstensi/Add-On

Bagi yang kurang menyukai kerumitan cara di atas, bisa memanfaatkan ekstensi/add-on. Pengguna Firefox/Cyberfox bisa menggunakan Disable clipboard manipulations, pengguna Google Chrome bisa memasang Don't f*** with paste.

   Nah, kini...silakan berkopas ria di mana saja![]

Via: ghacks.net

Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds