Jumat, 01 Agustus 2014

Harga Memori Internal Smartphone Ternyata Merampok Dompet Konsumen

Merampok? Bisa dibilang begitu.  Michael Yang, analis utama senior firma riset pemasaran IHS, menyatakan itu sebagai perampokan terbesar (rip-off) dalam sejarah produk teknologi.
   Alasannya, harga memori internal smartphone per 1GB adalah $50 sen (Rp6000), tapi dijual oleh produsen pemimpin pasar seperti Apple dan Samsung hingga 25 kali lipat. Lihatlah tabel berikut.
Model 16GB 32GB
Modal mereka $8 (Rp100rb) $16 (Rp200rb)
Anda membayar $200 (Rp2,5jt) $300 (Rp5jt)
   Padahal, dengan meningkatnya resolusi layar dan kamera yang diberikan, kebutuhan akan memori internal otomatis makin meningkat. Baik untuk sekadar foto, hingga video.
   Selain itu—menurut pengamatan Mark Spoonauer, Redaktur utama LAPTOP, atas 15 aplikasi gratis terpopuler di Google Play maupun Apple App store—menunjukkan rata-ratanya memerlukan 32MB per aplikasi.
Xiaomi Mi 4
   Tak heran pengguna makin haus memori internal. Model-model smartphone terbaru dari produk-produk penggerak pasar seperti OnePlus One atau Xiaomi Mi4, umumnya melihat gelagat konsumen untuk meloncat dari model 16GB ke 64GB, dan melewati model 32GB.
   Teknologi 4G LTE dan ruang simpan di awan (cloud) memang akan meringankan kebutuhan memori internal. 4G LTE akan mempercepat pengaliran (streaming) gatra/content hingga mengurangi kebutuhan untuk menyimpan. Ruang simpan awan semakin murah, dan yang gratis semakin besar kapasitas simpannya.
Xiaomi Mi 4 white
   Namun, sebagaimana terlihat dalam pola pakai produk teknologi lainnya, memiliki ruang simpan lokal lebih besar adalah kebutuhan primer yang rasanya tak tergantikan oleh solusi-solusi ruang simpan berbasis jaringan.

   Itulah sedikit tip tentang harga yang semoga bermanfaat dalam membuat kita lebih bijak memilih produk, dan tidak terpesona dengan mereknya saja. Apalagi, pendiri Apple Steve Jobs, terkenal dengan kelihaiannya menciptakan "reality distortion field" yang manjur membuai konsumen yang mudah dirayu.[]

Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds