Minggu, 07 September 2014

Microsoft akan Merilis Windows 9 "Threshold" Tech Preview Sebulan Lagi (kinian 7 September 2014)

Microsoft akan Merilis Windows 9/Threshold Tech Preview Sebulan Lagi
Bandung, 16 Agustus 2014Mary Jo Foley dalam blognya di ZDNet (15 Agu. 2014) kembali melepas kabar terbaru tentang Windows 9/"Threshold".
   Pratinjau teknis untuk Threshold akan dirilis awal September atau mungkin awal Oktober tahun ini. Ini berarti hanya sebulan lagi dari sekarang.
   Microsoft juga akan mengujikan kebijakan servicability, yakni kinian rutin dengan siklus lebih cepat ala Google Chrome. Pengguna yang memasang pratinjau ini harus bersedia menerima kinian bulanan yang akan diinjeksikan secara otomatis.
   Windows 9 sendiri rencananya akan dirilis pada musim semi/Maret 2015. Prediksi fitur-fitur yang mungkin disertakan bisa dibaca di artikel ini.
   Bila melihat jadwal Windows 8 dahulu, ada 3 tahapan (milestone) sebelum rilis akhir pada Oktober 2012. Pertama Windows 8 developer preview (13 Sep. 2011), lalu Windows 8 "consumer" preview (29 Feb. 2012), lalu rilis ke pabrik/manufaktur pada 1 Agu. 2012.
   Kali ini pratinjaunya disebut technical preview dan bisa saja cuma inilah pratinjau yang dirilis ke publik sebelum akhirnya mencapai rilis final, demikian menurut Foley.[]

KINIAN (22 Agustus): Microsoft merencanakan jumpa pers khusus pada 30 September untuk memberikan selayang pandang tentang fitur-fitur penting versi Windows berikutnya disertai rilis versi pratinjau teknis (tech preview) bagi pengembang dan pengguna yang berminat.
   Apa nama rilis bagi Threshold belum disebutkan, meski banyak yang berspekulasi akan diberi nama Windows 9.
   Microsoft juga mengembangkan versi terpisah yang memadukan Windows RT dan Windows Phone, yang juga akan dijelaskan rinciannya dalam acara ini.
   Kabar baru ini klop dengan bocoran dari Foley (via: The Verge).
KINIAN (27 Agustus): Grup WZOR yang terkenal dengan bocoran eksklusifnya menyatakan dalam bocoran terkini bahwa Microsoft masih mempertimbangkan kemungkinan memberikan upgrade gratis ke Windows 9 bagi penguna retail atau OEM dari Windows 8. Juga kemungkinan menjual paket upgrade ke Windows 9 dengan harga $20 (Rp240.000) saja. Dikemukakan juga kemungkinan penawaran "dahsyat" bagi pengguna Windows XP.
   WZOR juga menyatakan versi Windows 9 Enterprise (Technical Preview) tanpa antarmuka Modern UI sudah dirilis ke penguji (testers), dan Windows 9 Pro OEM versi pratinjau/tes tidak akan dirilis.
   Windows 9 versi RT juga sedang digarap, dan versi pratinjau/tes juga akan segera tersedia, tapi hanya bagi pengguna Microsoft Surface.

   Selain Windows 9, Microsoft juga tengah mengerjakan "Windows Cloud." Menurut WZOR ada tim yang tengah menggarap purwarupa sistem operasi dengan klien yang bebas diunduh dan fungsi tambahan harus didapatkan secara berlangganan.
   Kemampuan mengunduh sistem operasi ini akan tersimpan pada BIOS komputer. Begitu terpasang, Windows Cloud mensyaratkan koneksi Internet agar berfungsi penuh. Modus nirkoneksi/offline-nya akan mirip sistem operasi entri level/budget, Windows Starter.

   Demikian bocoran-bocoran yang dilansir Chris Smith/BGR (26 Agustus 2014 at 2:00PM), dan  Jan Willem Aldershoff/myce.
KINIAN (1 September): Windows 9/Threshold Tech Preview akan dikinikan 2 kali tiap bulan dengan build baru—tanpa harus instalasi ulang. Ini dilansir oleh Zac Bowden (Winbeta, 28 Agustus 2014).
   Seperti sudah kami sebutkan dalam artikel Prediksi Fitur-Fitur Baru Windows 9/Threshold, Windows 9 akan dilengkapi Windows Update dengan kemampuan untuk upgrade ke versi signifikan terbaru—bukan sekadar mengkinikan dengan kinian yang bersifat bug fixes saja.
   Fitur lanjut seperti interactive tile mungkin tak disertakan saat tech preview dirilis, tapi Bowden sudah mendapat konfirmasi bahwa fitur ini akan dirilis lewat mekanisme build upgrade ini.
KINIAN (3 September): Sedikit intermeso, Microsoft China secara tak sengaja memposkan teaser tentang Windows 9 di jejaring sosial Weibo seolah akan dirilis dengan mengajukan pertanyaan,
Sistem operasi terkini Microsoft, Windows 9 akan segera dirilis, apakah menurutmu Start menu akan hadir di sudut kiri bawah?
   Penyebutan Windows 9 memberikan isyarat kuat bahwa sistem operasi kelanjutan Windows 8 ini akan dirilis dengan nama Windows 9. Ini setidaknya bocoran sahih yang bisa kita peroleh dari kecerobohan Microsoft China.
   Mereka juga memposkan gambar yang cukup menarik,
Microsoft China Accidentaly Posts Windows 9 Teaser On Weibo    Tapi tak lama posan ini ditarik, dan Microsoft menyatakan gambar itu hanya rekaan dan bukan desain resmi dari Microsoft... :(
   Tak hanya bocoran fitur yang sering bocor lebih dulu dari Cina, saking semangatnya, Cina ingin mendahului Microsoft merilis Windows 9! Ck-ck-ck.... (Via: Pradeep/Microsoft-News.com, 2 Sep. 2014).
KINIAN (7 September 2014): Tech Preview akan disertai fitur feedback yang signifikan. Umpan balik pengguna akan ditampung, lalu digulirkan cepat melalui fitur Windows Update baru yang bisa mengkinikan Windows ke build baru tanpa instalasi ulang.
   Microsoft benar-benar ingin Windows 9 sukses dan tak menyia-nyiakan sama sekali masa pratinjau ini untuk menjaring umpan balik pengguna biasa maupun bisnis sebanyak-banyaknya (via: Mary Jo Foley, All About Microsoft | September 3, 2014 -- 15:51 GMT/23:51 SGT).[]

Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds