Selasa, 09 September 2014

HP Stream Notebook PC: "Windows Netbook" Tandingan Chromebook (kinian 9 September 2014)

HP Stream Notebook PC, Windows Netbook Tandingan Chromebook
Bandung, 3 September 2014, 5:29 AM. Dulu saat Netscape tengah mendominasi segmen peramban dengan Navigator-nya, mereka telah memiliki visi yang disebut network computer. Ini komputer yang sepenuhnya bersistem operasi Netscape Navigator dengan aplikasi dan layanan data yang sepenuhnya berada pada intranet (jaringan internal) atau Internet (awan/cloud).
   Visi itu mulai mendapatkan konteks saat Internet sudah menjadi infrastruktur harian yang mudah diperoleh terutama bagi pengguna di negara-negara maju seperti AS, Eropa, atau Korea Selatan.
   Ada inisiatif-inisiatif baik dari Google (Project Loon) atau Facebook (Internet.org) untuk menyediakan akses Internet di bagian bumi yang tak tercakup baik di negara maju dan terutama di negara-negara berkembang.
   Kedua inisiatif tadi tak sepenuhnya bermotif sosial. Ketersediaan Internet di mana-mana juga sangat menunjang bisnis mereka. Bagi Google, itu akan sangat mendukung kesuksesan salah satu produknya, Chromebook.

Apakah Chromebook itu?

Chromebook adalah laptop bersistem operasi Chrome OS—penampilannya tak jauh dari peramban Google Chrome. Peranti ini dirancang khusus untuk Internet karena hampir seluruh aplikasi dan datanya tersimpan di awan/cloud (Internet).
   Google sudah memiliki aplikasi produktivitas ala Microsoft Office di awan, yakni Google Docs. Sementara ruang simpan awannya sudah lebih dikenal, yakni Google Drive.
   Selain versi laptop, ada pula versi desktop yang yang dinamai Chromebox.
HP Stream Notebook PC, Windows Netbook Tandingan Chromebook
   Chromebook secara teknis disebut klien-ramping (thin-client), dan dari sisi inovasi pernah diajukan "aliansi pro Netscape" dengan istilah network computer. Network computer masih berbentuk desktop.
   Namun pendahulu Chromebook yang bisa disebut nenek moyang langsungnya adalah netbook yang dipelopori oleh Asus (lihat Sejarah Singkat Netbook: Teknologi yang Mendahului Masanya).
   Intinya, Chromebook/netbook adalah peranti akses ke Internet yang bisa dibawa-bawa dan memiliki kibor dan layar yang layak untuk kerja produktif (content creation)—tak seperti Android yang umumnya untuk konsumsi gatra (content consumption).
   Singkatnya, Chromebook—yang pada dasarnya netbook—adalah peranti produktivitas yang mengungkit (leverage) manfaat Internet. Atau dari sisi lain, ia adalah peranti produktivitas yang sangat bergantung pada ketersediaan akses Internet. Tanpa Internet, ia akan sia-sia atau setidaknya tak optimum.

HP Stream: Windows Netbook versi Modern UI

HP Stream dipromosikan Microsoft sebagai penantang Chromebook. HP Stream adalah kendaraan Windows untuk merespon ancaman Chrome OS.
   Keunggulan utama HP Stream dibandingkan Chromebook ada di dua butir berikut:
1. Windows 8.1 dapat menjalankan tak hanya aplikasi berbasis Internet, tapi juga aplikasi desktop biasa. Artinya, saat tak ada Internet, HP Stream tetap berguna.
2. Windows memiliki koleksi aplikasi (app maupun desktop) yang jauh melebihi jumlah aplikasi Chrome OS—yang memang baru dirilis pada 2009.
   Google tengah merespon 2 kelemahan ini:
1. Sejak 2014 ini, Google mendorong pengembang aplikasi Play Store-nya untuk membuat "aplikasi kemasan (packaged applications)" yang tetap bisa dijalankan tanpa terhubung ke Internet,
2. Chrome OS akan dibuat mampu menjalankan semua aplikasi Android pada akhir 2014 ini.
HP Stream Notebook PC, Windows Netbook Tandingan Chromebook
HP Stream | $199 (Rp2,4 juta)
Sistem Operasi. Windows 8.1 (prainstal) dengan 2 tahun gratis 100 GB OneDrive.
Prosesor. AMD A4 Micro-6400T (1.6 GHz/1.0 GHz, DDR3L-1333MHz, 2MB L2 cache) 4-core, TDP, 4.5W.
Chipset. AMD Integrated SoC FCH.
GPU/Prosesor Grafik. AMD Radeon™ R3 graphics (A4 Micro-6400T). Supports HD Decode, DX11.1, dan HDMI.
Layar. 14.0-in (1366×768), BrightView, high-definition (HD), SVA, white light-emitting diode (WLED); 16:9 ultra wide aspect ratio; typical brightness: 200 nits; flat (3.6-mm), non-touch. Supports LVDS (co-layout with eDP1.3+PSR).
Memori. On-board, non-accessible, non-upgradeable. DDR3L-1333MHz single channel support (DDR3L-1600 downgraded to DDR3L-1333). Supports up to 2 GB maximum on-board system memory.
Ruang Simpan. Supports embedded MultiMedia Controller (eMMC) NAND flash. Supports the following eMMC configurations: ● 64GB eMMC, ● 32GB eMMC.
Audio dan video. HP TrueVision HD camera, fixed (no tilt) with activity light, 1280×720 by 24 frames per second. Single digital microphone withappropriate echo-cancellation and noise-suppression software. Beats Audio. Four speakers.
Jaringan nirkabel. Integrated wireless option (M.2): One built-in WLAN antenna
Compatible with Miracast-certified devices; Supports a Broadcom BCM43142 802.11bgn 1×1 Wi-Fi + BT 4.0 M.2 Combo Adapter; Supports Realtek RTL8723BE 802.11b/g/n 1x1 Wi-Fi + BT4.0 Combo Adapter.
Kartu media eksternal. HP Multiformat Micro Digital Media Reader with push-push technology. Supports SD, SDHC, SDXC, UHS-1.
Slot kartu internal. One M.2 slot for WLAN.
Ports. HDMI v1.4b supporting up to 1920×1080 @ 60Hz. Headphone/microphone combo jack
USB 3.0 ports (1). USB 2.0 ports (2). AC Smart Pin adapter plug (4.5 mm barrel).
Kibor/peranti sentuh. Full size Dura Coat island-style keyboard. Touchpad requirements:
● ClickPad with image sensor, ● Multitouch gestures enabled, ● Supports Windows 8 modern trackpad gestures, ● Taps enabled as default.
Daya. Supports the following AC adapters: ● 45-W HP Smart AC adapter (non-slim, 26.5 mm), ● 65-W EM, ● 65-W slim travel adapter. 1 meter power cord. Supports a 3-cell, 32-Wh, 2.96-Ah, Li-ion battery.
Serviceability. End user replaceable parts: AC adapter.
   Bila kita membandingkan dengan Chromebook, misalnya buatan Samsung atau Acer, maka dari sisi harga HP Stream sudah mengalahkan Chromebook.
   Chromebook Samsung termurah adalah XE303C12-A01US yang masih seharga $249.99. Sementara Chromebook Acer termurah adalah Chromebook 13 CB5-311-T7NN  seharga $279.99. Itu pun dengan spesifikasi yang secara kasar bisa dikatakan masih di bawah HP Stream!

HP Stream akan Menduduki Tahta Baru "Netbook" Menyerobot Chromebook?

HP Stream Notebook PC, Windows Netbook Tandingan Chromebook
Apakah Chromebook akan layu sebelum berkembang? Di atas kertas, prediksi ini sangat mungkin. HP Stream unggul dari sisi peranti keras yang lebih "ramah dompet", juga lebih unggul dari sisi peranti lunak yang lebih dikenal dan kaya aplikasi (Windows, Office).
   Namun tak seperti Netscape dkk dulu yang dengan mudah bisa digilas, kali ini lawan Microsoft adalah raksasa bernama Google. Jadi, semua kemungkinan masih bisa terjadi.
   Sementara ini, kita konsumen bisa bersuka ria karena kelahiran kembali netbook akan membuat komputer portabel makin terjangkau.
   Bila melihat pasar Chromebook yang umumnya segmen sekolah di AS, maka bukanlah tidak mungkin HP Stream akan menjadi pujaan di sekolah-sekolah di Indonesia!
   Kami menunggu aliranmu keluar dari jalur produksi, HP Stream!

Kinian 9 September 2014 (via: Ron/WinBeta, Monday, Sep 8th, 2014 at 10:01AM). HP Stream tak jadi dirilis dengan harga $199. Rencananya akan dirilis pada 24 September di AS dengan harga $299.
HP Stream Notebook PC, Windows Netbook Tandingan Chromebook (kinian 9 September 2014)
   Meski faktor harga tak lagi kompetitif dibandingkan Chromebook, tapi dari sisi kemampuan menjalankan aplikasi konvensional/desktop tanpa koneksi ke Internet, HP Stream masih memiliki potensi untuk berhasil di pasar.[]

Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds