Minggu, 07 September 2014

Prediksi Fitur-Fitur Baru Windows for Your Phone (dh. Windows Phone 9/Threshold) (kinian 7 September 2014)

Prediksi Fitur-Fitur Baru Windows Phone 9 Threshold
Bandung, 25 Agustus 2014. Microsoft sedang mengintegrasikan sistem operasinya untuk semua peranti keras. Suatu saat Microsoft akan memiliki 1 sistem operasi yang memiliki subsistem untuk desktop, tablet, smartphone, bahkan seluruh peranti yang terkoneksi ke awan/cloud (Windows IoT/Internet of Things).
   Ada komentar di Internet yang mengusulkan namanya Windows One.... Nama yang lumayan bagus, tapi tentu saja Microsoft masih belum memikirkan soal ini.
   Saat ini Windows Phone masih terbilang "penggembira" dari antara pemain di arena mobile devices. Data IDC terakhir menunjukkan Windows Phone masih di kisaran 2,5%—masih jauh tertinggal dibandingkan iOS (11.7%) apalagi Android (84.7%).
   Bila menggunakan data pangsa pasar sistem operasi mobile/tablet Januari hingga Juli 2014 dari Net Market Share, maka angkanya lebih miris lagi,
Prediksi Fitur-Fitur Baru Windows Phone 9 Threshold    Microsoft sudah menggratiskan lisensi Windows Phone dan Windows untuk peranti dengan lebar layar di bawah 9"—meliputi fablet (5-7") hingga tablet mini. Ini membantu membuat harganya lebih kompetitif dengan gawai/gadget Android. Seperti sudah diulas, segmen pasar yang disasar Windows Phone serupa dengan segmen pasar Android.
   Alasan utama ketertinggalan Windows Phone adalah ekosistem aplikasi (app store) yang masih jauh di bawah Android dan iOS. Data ketersediaan app pada Juli 2014 yang dilansir statista menunjukkan Android dan iOS sudah berada di angka juta, sementara Windows Phone masih di ratusan ribu,
Prediksi Fitur-Fitur Baru Windows Phone 9 Threshold   Kondisi ini membuat seorang jurnalis menyarankan Microsoft untuk memberikan arah baru bagi pemasaran produknya ini. Misalnya seperti tablet Microsoft Surface Pro 3, yakni mengutamakan produk Windows Phone dengan spesifikasi high-end yang ditujukan bagi pasar produktivitas—yakni bisnis/enterprise.
   Itu berarti beralih fokus dari segmen pasar Android ke segmen iOS. Ada kabar Apple dan IBM sudah menjalin kerja sama untuk menggarap pasar bisnis dengan lebih serius.
   Kita tunggu apakah Microsoft akan memilih membuka front pertempuran di segmen menengah-bawah melawan Google atau segmen atas melawan Apple-IBM.

   Seperti halnya artikel Prediksi Fitur-Fitur Baru Windows 9/Threshold yang memantau perkembangan dan bocoran fitur-fitur baru Windows 9, maka artikel ini akan memantau Windows Phone 9.
   Semula artikel ini hendak kami satukan dengan artikel pertama tadi karena semua sistem operasi ini—Windows, Windows RT (tablet), dan Windows Phone—sudah dicanangkan untuk diintegrasikan. Namun agaknya tahap integrasi akan bertahap, yakni RT dan Windows Phone, barulah dengan Window.
   Jadi, apa saja bocoran terbaru itu?

1. Dukungan Multi Window untuk Peranti Berlayar 4.7" atau Lebih

Prediksi Fitur-Fitur Baru Windows Phone 9 Threshold
Ini bocoran yang masih bersifat rumor dari TK Tech News23 Agustus 2014. Selama ini Windows 8 juga RT sudah mampu menampilkan lebih dari 1 app. Fitur ini bernama snap.
   Sejak kinian ke versi 8.1, jumlah app yang bisa ditampilkan bersisian meningkat hingga 4 buah—mulai resolusi 1920x1080p/HD. Prinsipnya, tiap jendela memerlukan 500 piksel lebar resolusi layar. Jadi untuk layar resolusi minimum yakni 1024x768 piksel, hanya bisa menampilkan 2 app (1024/500).
   Fitur inilah yang akan diperkenalkan pada Windows Phone 9/Threshold, bila rumor tadi benar.
   TK Tech News juga mengatakan versi untuk pengembang (developer build) akan dirilis Desember 2014. Berarti tak lama sesudah Windows 9 Tech Preview dirilis 30 September ini.
   Rumor ini makin menegaskan upaya integrasi Windows RT dan Phone, dan menurutnya akan diberi sebuah nama beraura klasik (retro).
   Kinian 7 September 2014. Microsoft akan memberikan nama Windows for your phone dan meninggalkan nama Windows Phone. Ini mengisyaratkan integrasi ke sistem operasi tunggal dengan banyak varian (via: Brad Sams, Neowin, 6 September 2014).[]

Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds