Jumat, 10 Januari 2014

Memasang Flash Player pada Sleipnir Portabel

Apa itu Sleipnir (versi 5)? Kalau Safari, Opera, mungkin pernah dengar. Apalagi kalau Google Chrome, Internet Explorer, atau bahkan Firefox, mungkin sudah akrab di telinga Anda.

Termasuk Salah Satu Pilihan pada “Bilik Pencoblosan” Peramban di Eropa

Saya sendiri tidak sengaja bersua dengan peramban manis ini. Pengguna di Eropa—yang “memaksa” Microsoft mempermudah pengguna mendeinstalasi IE—sudah lama mengenalnya. Dari sekian peramban yang dimasukkan daftar pilihan bagi pengguna di Eropa, Sleipnir salah satu peramban yang masuk “divisi 2.” Divisi utama tentu saja dihiasi nama-nama beken yang sudah saya sebutkan di atas. Selain Sleipnir, saya juga suka Maxthon.

   Selain desainnya yang khas, salah satu fitur menyolok dan inovatif adalah tampilan petak kecil tampilan halaman pada tabnya.
sl-thmbtab
   Lalu, cobalah menutup semua tab termasuk yang aktif, maka Sleipnir akan menampilkan apa saja gatra/content terbaru dari situs-situs yang baru saja kita kunjungi.
sl-lastupd
   Fitur lain yang bisa disebutkan juga, Sleipnir selalu otomatis meramban ke tab-tab yang kita buka saat terakhir mematikan Sleipnir. Sleipnir juga mendukung penggunaan pada tablet dan ponsel pintar.

Tampilan yang Agak Kabur

Baik, setelah mencoba-coba Sleipnir. Saya merasakan satu kekurangan besar: tampilannya agak sedikit kabur, mirip TV yang kelebihan brightness. Ini mungkin karena layar laptop saya termasuk kuno, karena masih 1280x800, 32-bit. Ha-ha, memang rada jadul.
   Saya tidak tahu bagaimana dengan laptop Anda, tapi semoga lebih tajam tampilannya dibandingkan saya. Ini karena mereka menggunakan semacam penghalus teks sehingga tampilan menjadi lebih jelas (meski jelas tidak terbukti di laptop saya, malah sebaliknya).

Memasang Flash Player

Kesulitan yang segera saya temukan adalah bagaimana cara menambahkan Flash player plugin. Selidik punya selidik akhirnya saya menemukan bahwa dengan membuat map/folder bernama “plugins” seperti ini:
\Sleipnir\users\<nama pengguna>\~temp\plugins\ChromiumEngine\plugins
lalu masukkan berkas NPSWF32.dll yang bisa diperoleh dari PCR’s notepad atau PortableAppZ.

   Beres! Ujilah untuk memastikannya di halaman uji Adobe.
sl-flash

Mesin Saji (Render) yang Sama dengan Google Chrome

Nah, kini kita bisa menikmati peramban yang sekencang Chrome (karena sama-sama menggunakan mesin saji Blink), tapi jelas lebih manis tampilannya.

   Selamat bertualang di Web dengan rekan baru kita ini![]



Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds