Kamis, 24 Juli 2014

Lebih Produktif dengan Windows Taskbar Keyboard Shortcut (Pemintas Kibor pada Taskbar)

Salah satu "pelampiasan" pengguna Windows 8/8.1 akibat ketiadaan Start menu adalah dengan menaruh banyak pintasan/shortcut pada taskbar.  Bagi sebagian pengguna, ini bersifat wajib.
   Meski saya lebih menyarankan menggunakan utilitas Start menu alternatif seperti Start Menu Reviver/SMR atau utilitas docking (baca artikelnya di sini), tapi bagi yang tetap bersikeras alias keukeuh, maka inilah beberapa tip tambahan bagi penggemar pintasan pada taskbar.

Berpindah di antara Aplikasi yang Tersemat pada Taskbar

Jika Anda ingin berpindah dari satu aplikasi tersemat ke yang lain—baik yang tengah berjalan atau tidak—gunakanlah kombinasi tombol Win+T. Kalau mau berbalik arah, tekan juga tombol Shift. Saat sampai di aplikasi yang ingin Anda jalankan, lepas dan tekan Enter.
Win+T taskbar highlight

Menjalankan Aplikasi yang Tersemat/Pinned pada Taskbar

Anda bisa menggunakan kombinasi tombol Win+(angka), misalnya Win+1, Win+2, dst. untuk menjalankan aplikasi tersemat dengan urutan mulai dari kiri—setelah tombol Start, misalnya pada taskbar di bawah ini Win+2 akan menjalankan File Explorer.
Win+# to run app on taskbar by number

Context Menu (Klik-Kanan) Sistem

Selama ini Anda mungkin sudah mengenal jump list yang muncul bila Anda mengklik-kanan ikon aplikasi pada taskbar. Cobalah menekan tombol Shift lalu klik-kanan, akan muncul menu konteks umum Windows (system context menu).
Windows system context menu on a pinned app

Masih Kurang Tempat?

Sebagaimana di Windows 7, Anda bisa menambah lebar taskbar secara vertikal dan menambah jumlah pintasan yang bisa Anda sematkan.
Taskbar resize

   Itulah beberapa kiat lebih produktif dalam memanfaatkan sematan (pinned app) pada taskbar, tapi bila Anda ingin lebih produktif lagi, cobalah untuk mempertimbangkan penggunaan utilitas Start Menu Reviver, atau docking yang sudah saya singgung di atas tadi.[]

Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds