Kamis, 03 Juli 2014

HDD Casing/Enclosure yang Terbaik dan Paling Handal (Reliable)

Apakah merek HDD case/enclosure terbaik dan handal (reliable)? Apa saja tip dan trik untuk memilih HDD external case/enclosure terbaik? Apa tip dan trik penggunaan HDD/hard disk eksternal agar awet dan tahan lama?
Thermaltake hard disk/HDD case/enclosure
   Itulah kira-kira pertanyaan-pertanyaan yang muncul saat mencari HDD eksternal untuk keperluan pencadangan data (data backup).

HDD Eksternal versus HDD+Casing

Apa perbedaan antara HDD eksternal built-up dan HDD+casing? HDD eksternal built-up bisa jadi lebih cepat kinerjanya juga lebih handal (reliable) karena seluruh komponen berikut hard disk dirakit secara terpadu oleh produsennya.
   Meski demikian, ada keuntungan HDD+casing. HDD eksternal built-up bila rusak biasanya tak bisa dibongkar. Ia juga tak bisa diganti atau ditingkatkan kapasitasnya. HDD+casing memberikan keluwesan tadi.
Vantex hard disk/hdd external case/enclosure
   Bahkan, kalau sewaktu-waktu diperlukan, kita bisa melepas HDD dari casing-nya untuk kita gunakan pada laptop/komputer, misalnya saat hard disk laptop/komputer sedang ngadat atau diservis.

Apa Merek HDD External Case/Enclosure yang Handal/Terbaik?

Merek yang sangat disanjung adalah merek-merek seperti Vantec (AS), Thermaltake (Taiwan), dan Zalman (Korsel), misalnya ulasan yang dibuat di Lifehacker berikut:
Hard disk/HDD case/enclosure pilihan pengguna, Lifehacker poll
   Saat meramban dan melihat-lihat di toko online, merek Vantec agaknya sudah populer di pasar kita hingga ada model termurah seharga Rp160.00/2.5" dan Rp270.000/3.5", keduanya sudah USB 3. Sementara Zalman dan Thermaltake masih di kisaran 300-700 ribuan rupiah.

Apa Saja Tip Penggunaan Sehari-Hari HDD Eksternal yang Baik?

Pertama dan terpenting, jangan gunakan HDD eksternal seperti menggunakan HDD internal. Penggunaan dengan beban transfer data di kisaran 100GB, alias seperti layaknya HDD pada laptop/komputer yang digunakan terus-menerus seharian tentu akan mengundang masalah. Itu karena komponen HDD eksternal tidak sebaik komponen laptop/komputer yang "menemani" HDD internal dalam operasional harian.
   Pilih merek HDD yang paling handal/reliabel, misalnya Hitachi (selengkapnya baca artikel ini). Ingat, HDD case/enclosure tak memiliki kipas seperti laptop/komputer kita, jadi pastikan memilih HDD yang handal dan terbukti tidak cepat panas—dan rusak.
   Periksa lapis luar dan dalam bahan HDD casing/enclosure. Pastikan lapis luar dan dalam memiliki konduktivitas yang bagus, misalnya alumunium, hingga panas akan mudah terserap ke lingkungan luar. Kadang kala bagian dalam case/enclosure dilapisi plastik yang justru membuat ruang di dalam menjadi panas.
   Seperti halnya barang elektronik lainnya, pilih lingkungan kerja yang jauh dari sumber magnet/listrik kuat seperti speaker besar, kulkas, generator, dan semacamnya.

   Nah, itulah sekelumit ulasan sederhana tentang pentingnya memilih alat simpan cadangan/backup dari merek ternama berikut praktek yang disarankan dalam penggunaannya sehari-hari.
   Semoga bermanfaat![]



Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds