Rabu, 16 Juli 2014

Cara Membersihkan Device Driver Tanpa Sisa

Bagi pengguna Windows 64-bit sering terjadi peranti keras yang kita hubungkan ke komputer memang tak memiliki device driver versi 64-bit. Akibatnya, jika peranti keras otomatis memasangkan device driver maka ia akan meninggalkan sampah yang mengotori device manager Windows.
   Bagaimana cara membuang atau menghapus sama sekali device driver yang gagal pasang/instal (invalid) atau device driver lama yang sudah tak digunakan Windows lagi?
1. Tekan tombol Win+Pause -> klik Advanced System Settings -> klik Environment Variables... -> pada User variables, klik New dan ketikkan
devmgr_show_nonpresent_devices
pada isian Variable name dan isikan 1 pada Variable value -> klik OK.
Cara Membersihkan Device Driver Tanpa Sisa
   Ini akan mengaktifkan fungsi yang memungkinkan kita melihat peranti keras/device yang tak sedang terhubung/digunakan Windows.
2. Kini kita buka Device Manager dengan cara menekan tombol Win+R (Run) lalu ketikkan
devmgmt.msc
tekan Enter; lalu dari menu pilih View -> Show hidden devices.
Device Manager -> Show hidden device
3. Buka cabang pada diagram pohon lalu cari ikon yang redup. Inilah device driver yang tak digunakan atau sedang tak terhubung ke komputer.
   Klik kanan pada ikon device driver redup yang ingin kita buang -> pilih Uninstall, dan device driver yang sudah tak kita gunakan lagi pun terhapus!
Klik-kanan ikon redup -> Uninstall

Nah, Windows kita pun akan bersih dan berkurang bebannya hingga akan agak—meski tak terasa—lebih kencang![]



Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds