Rabu, 20 Agustus 2014

XMedia Recode: Video Converter yang Lengkap (Ulasan/Review)

Avidemux, Handbrake, XMedia Recode logos
Ada beberapa video converter yang sangat saya rekomendasikan, yaitu Avidemux, Handbrake (atau versi portabel dari ThinstallSoft.com), dan yang akan kita ulas, XMedia Recode (alternatif-alternatifnya bisa disua di alternativeTo.net).
   Avidemux terbilang rumit bagi pengguna awam, meski dengan membaca sebentar manual pendeknya, ia ternyata mudah dioperasikan.
   Handbrake mudah dioperasikan, hanya saja format yang didukung cuma MKV dan MP4. Meski ini format paling dominan saat ini, tapi kadang kala kita butuh lebih dari itu.
   XMedia Recode boleh dibilang mengisi kekurangan Avidemux dan Handbrake. Tentu saja ia tak sepopuler Freemake Video Converter atau Format Factory, tapi ia jelas bisa memproduksi hasil konversi yang lebih hemat ruang.
   Saya pernah mencoba alternatif yang telah lebih lama dikembangkan seperti MediaCoder atau SUPER. MediaCoder ternyata tak berfungsi sama sekali. Sementara SUPER, meski hasil konversinya kecil, tapi kualitas gambarnya rusak (rebek).

Format Media yang Didukung XMedia Recode

Bila membuka preferensi, maka bisa kita lihat bahwa dukungan dekoder XMedia Recode sangat lengkap,
XMedia Recode, Preferences > Decoder
   Demi memudahkan pengguna, pemilihan media bisa menurut profil peranti keras/gawai,
XMedia Recode, supported device profile    XMedia Recode mendukung gawai: Acer, Apple, Asus, Archos, BlackBerry, Cowon, Creative Labs, Dell, DVD Player (Standalone), Elson, Epson, Garmin-Asus, Google, Hauppage, Huawei, HTC, Humax, Hyundai, Intenso, iRiver, LG, Loewe, Microsoft, Motorola, Nikon, Nintendo, Nokia, Odis, O2, Palm, Panasonic, TV, Philips, PocketPC, SanDisk, Samsung, Samsung TV, Seagate, Sharp, Sony, Sony Ericsson, Sony PlayStation 3, Sony PSP, Sony TV, T-Mobile, Telefunken, Toshiba, Trekstore, Vodafone, Western Digital, YouTube.
   Cara lain memilih media adalah menurut formatnya (ekstensi/akhiran berkas media),
XMedia Recode, supported media formats    XMedia Recode mendukung format-format berikut:
   Video. Asus V1, Asus V2, MPEG-4 Part 2, MS MPEG4 V2, MS MPEG4 V3 DV Video, Flash Video, Flash Screen Video, H.261, H.263, H.263+ H.264/MPEG-4 AVC (konversi dengan x264), Huffyuv, M-JPEG, MPEG-1, MPEG-2, Theora, VP8, WMV V7, WMV V8
   Audio. AAC, AC3, ADPCM MICROSOFT, ADPCM YAMAHA, A-LAW, AMR NB, AMR WB, MP2, MP3, OPUS, Vorbis, WAV-PCM 16 little endian, WAV-PCM 16 little endian, WAV-PCM 24 Little-Endian, WAV-PCM U8, WMA V7, WMA V8
   Subtitel. .ass, .jss, .js, .ssa, .srt

Setelan Video

XMedia Recode, video tab
Setelan ini butuh sedikit eksperimen. Gunakan berkas video ukuran kecil untuk mencoba-coba terlebih dahulu.
   Opsi framerate misalnya, pilihan keep original tidak selalu memuaskan. Lebih baik bila kita masukkan saja ukuran yang kita kehendaki.
   Rasio film (aspect ratio), bisa dihitung memanfaatkan rasio-rasio pada artikel Wikipedia ini. Rasio yang sering digunakan adalah 4:3 (standar), atau 16:9 (layar lebar/widescreen). Rasio yang digunakan berkas video bisa dilihat dengan mencari media/codec information-nya melalui pemutar video (media player) seperti VLC, SMPlayer, MPC-HC, atau menggunakan utilitas MediaInfo.
   Anda juga bisa menetapkan ukuran berkas hasil konversi memanfaatkan menu Options -> Bitrate-Calculator,
XMedia Recode, Bitrate-Calculator

Setelan Audio

XMedia Recode, audio tab
Sepanjang pengalaman saya, ini opsi yang paling mudah, dan sering bisa kita lewati begitu saja. Terkecuali bila kita ingin mengubah formatnya ke format lain.
   Bila kita ingin audio-nya seperti yang asli, cukup ubah Mode-nya menjadi Copy. Ini akan mempercepat proses konversi video.

Setelan Filter

XMedia Recode, filters tab
Pengolahan dengan filter lumayan banyak. Mengingatkan pilihan pada Avidemux.
   Kelemahan utama adalah ukuran pratinjau video yang kecil, sehingga proses penyuntingan tak semudah pada Avidemux.

Memulai Konversi

XMedia Recode, Add queue -> Encode
Setelan yang lain silakan dicoba sendiri karena saya rasa tidak terlalu sulit.
   Bila semua setelan sudah beres maka masukkan video yang akan diproses ke daftar antrian (queue) lalu klik Encode untuk memulai konversi.
   Lama proses lebih cepat daripada Handbrake—dan seperti yang saya sebutkan di atas—berkas hasil konversi tetap kecil, kadang lebih kecil daripada berkas asli. Inilah menurut saya keunggulan utama XMedia Recode.
   Selamat mencoba![]

NB. Bagi mereka yang telah berhasil memasang SMS Media Player (Simple Media System for Playstation 2) pada PS2/Playstation 2, maka XMedia Recode adalah pasangan yang cocok untuk menyiapkan berkas video AVI (gunakan XviD codec pada setelan video).
   Lumayan, PS2 lama Anda bisa dimanfaatkan menjadi pemutar film dengan subtitel berformat .srt yang juga bisa dibaca SMS Media Player (samakan nama subtitel dengan nama berkas video).

Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds