Sabtu, 08 Februari 2014

Start Button Manis untuk Windows 8/8.1

Salah satu kekurangan Windows 8/8.1 terparah adalah ketiadaan Start menu. Fitur ini sudah terlanjur menjadi kebutuhan primer pengguna komputer meja (desktop), laptop, juga netbook. Kehadiran kembali Start button pada rilis 8.1 justru mengundang cemooh lebih keras karena hanya berfungsi mengembalikan pengguna ke layar Start screen yang tidak dibutuhkan pengguna desktop.
   Menurut berita terakhir, Microsoft tidak jadi merilis kinian tahunan pada Oktober 2014 dan alih-alih akan sekalian merilis Windows 9 pada April 2015. Ini untuk mengakhiri publikasi buruk yang sudah terlanjur mencoreng merek Windows 8.

   Saya sendiri sangat menyukai Windows 8, karena alasan kecepatan. Layar Start screen bisa dimanfaatkan menjadi semacam "news reader" yang memikat karena fitur live tile-nya.

   Soal Start menu, saya bisa mengandalkan Classic Shell yang sejak versi 4 sungguh berhasil memimik semua fitur menu ini seperti pada Windows 7. Saya menambahan skin dari WinAero untuk lebih menyamakan warnanya dengan warna taskbar--karena warna asli Classic Shell agak lebih pucat.
   Selain itu, yang membuat saya lebih suka adalah kemudahan untuk mengganti desain tombol Start. Saking sukanya, saya akhirnya sibuk membuat sendiri desain tombol yang ingin saya bagi di sini.
   Desain tombol Start hasil modifikasi saya ini saya buat dengan spesifikasi yang mungkin membedakan dengan banyak desain yang bisa ditemukan gratis di DevianArt:
1. Susunan warnanya mengikuti pola bendera logo Windows yang asli, meski corak warna memang berbeda,
2. Ukuran dan posisinya mengikuti standar tombol yang asli.

   Nah, saya buat dua set, satu dengan warna biasa:


   dan satu lagi dengan corak metalik:


   Cukup ekstrak isi berkas ke map (folder) Skin milik Classic Shell, lalu klik kanan pada Start button dan pilih tombol kesukaan!

   Ahhh....nikmatnya ber-Windows 8.1..., rasanya kasihan melihat mereka-mereka yang termakan publikasi buruk media, ya?[]



Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds