Kamis, 01 Januari 2015

Booting to the Web: Internet sebagai Sistem Operasi dalam Visi Mozilla

Booting to the Web: Internet sebagai Sistem Operasi dalam Visi Mozilla
Ada sebuah visi yang tersembunyi di balik sebuah berita tentang eksprimen untuk membangun-ulang seluruh antarmuka/user interface peramban Firefox sepenuhnya dengan teknologi HTML. Inilah yang bisa kita ungkap dari sebuah surel terbuka berjudul Firefox.html: rebuilding Firefox UI in HTML yang dirilis Paul Rouget, seorang programawan di Mozilla (paul at mozilla.com),
We are working hard on making HTML fast and rich enough to build
a whole operating system (Firefox OS) and a browser (Firefox OS' browser).
With a UI in HTML leveraging the Browser API, we could drop XUL and close
the gap between B2G and Firefox Desktop.
(Kami tengah bekerja keras menjadikan HTML cepat dan cukup kaya untuk membangun sistem operasi penuh [Firefox OS] dan peramban [peramban Firefox OS]. Dengan antarmuka/UI dalam HTML memanfaatkan Browser API [perpustakaan fungsi], kita bisa menyingkirkan XUL [XML User Interface Language] dan menipiskan jarak antara B2G [Boot to Gecko/Firefox OS] dan Firefox versi desktop.)
   XUL sebenarnya berbasis XML—superset alias format yang lebih generik dibandingkan HTML. Namun popularitas "3 serangkai" HTML-CSS-JS/JavaScript nampaknya membuat HTML menjadi lebih praktis untuk dikembangkan menjadi tulang punggung sistem operasi berbasis awan, alias Internet sebagai sistem operasi.
Booting to the Web: Internet sebagai Sistem Operasi dalam Visi Mozilla
   Saat ini, Mozilla sudah mengembangkan cikal bakal sistem operasi ini sebagai Firefox OS, yang dikembangkan sebagai proyek Boot to Gecko/B2G. Namun membaca "manifesto" proyek Boot to Gecko berikut, kita melihat visi Mozilla untuk menjadikan Firefox OS sebagai semacam "Internet OS" bagi setidaknya peranti tablet/nomadik—dan saat ini Firefox OS memang sudah dirilis untuk peranti nomadik atau ponpin/ponsel-pintar,
B2G is definitely not designed to be another platform. It's a project to extend what developers can do with the Web, especially in the context of mobile devices, and to do so in a way that leads to interoperable standards. Just as with HTML5, ES5, CSS3 and other Web technology it will reach different browsers and operating systems at different times, but the pace of Web platform development gives us confidence that good Web technology can reach a lot of people pretty quickly. We don't want B2G to lead to applications that only run atop B2G, or only run in Firefox. That's an important difference between what we're doing and proprietary mobile stacks today: we don't want a competitive advantage for Mozilla, we want a competitive advantage for the Web. (B2G/FAQ)
(B2G jelas tidak dirancang untuk menjadi platform/sistem operasi baru. Ini proyek untuk memperluas apa yang sudah bisa dilakukan pengembang dengan Web, khususnya dalam kaitan dengan peranti nomadik, dan seiring dengan itu mengarah ke standar yang terbuka. Sebagaimana dengan HTML5, ES5 [ECMAScript 5/standar Javascript], CSS3 dan teknologi Web lainnya ia akan menjangkau beragam peramban dan sistem operasi... Kami tak mau B2G mengarah ke aplikasi yang hanya berjalan di atas B2G, atau hanya pada Firefox. Ini perbedaan penting antara apa yang kami lakukan dengan struktur nomadik tertutup saat ini: kami tak menginginkan keunggulan kompetitif bagi Mozilla, kami menginginkan keunggulan kompetitif bagi Web [Internet]).
   Meski Mozilla tak mengakui dengan tegas "gesekan" yang jelas antara visinya ini dengan para pembesar teknologi informasi saat ini seperti Google (Android/ChromeOS), Apple (iOS), juga Microsoft ("Windows Cloud"), tapi bila visi ini berhasil diwujudkan, maka konsumen jelas akan menjadi pihak yang paling diuntungkan.
Booting to the Web: Internet sebagai Sistem Operasi dalam Visi Mozilla
Booting to the Web: Internet sebagai Sistem Operasi dalam Visi Mozilla
   Keberadaan "InternetOS" ini, akan membuat akses ke informasi menjadi lebih murah, dibandingkan bila harus melewati sistem operasi seperti iOS, Windows, atau ChromeOS. B2G atau "Boot2Web" juga akan memastikan bahwa standar seperti HTML/CSS/JS akan tetap bertahan dan tak bisa didominasi suatu kepentingan bisnis yang akan lebih mementingkan kebutuhan komersialnya daripada kebutuhan konsumen.
   Tahap yang harus dilalui diakui akan memakan waktu bertahun-tahun. Tapi langkah pertama tetap harus segera dimulai sekarang. Selamat berjuang Mozilla, semoga impian kita tentang Internet yang lebih terbuka dan terjangkau (murah) tak hanya menjadi kenyataan, tapi suatu keniscayaan alamiah.[]

Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds