Kamis, 07 Agustus 2014

Memanfaatkan BitTorrent untuk Memperbaiki Berkas Unduhan yang Rusak

Suatu kali saya mengunduh berkas besar—kalau tidak salah distribusi GNU/Linux—secara langsung (direct download). Namun tak dinyana, berkas itu tak bisa dibuka, dan saat saya tes dengan 7-Zip ternyata dinyatakan korup (corrupt).
   Kalau harus mengunduh lagi rasanya sayang, apalagi kecepatan koneksi Internet saya waktu itu masih di kisaran 64kbps (8KBps) dan aktualnya biasanya maksimum pada 7KBps.
   Padahal ukuran berkas hasil unduhan itu sudah komplit, dan menurut dugaan saya hanya rusak sedikit saja.

   Seperti biasa, dalam keadaan begini, saya matikan komputer dan berpikir sambil duduk-duduk atau tidur-tiduran—pokoknya menjauh dari depan layar komputer. Dari pengalaman saya, berpikir sambil terpaku di depan layar monitor sering justru menghambat ide-ide super kreatif.
uTorrent Portable, online download, PortableApps_com
   Setelah beberapa hari kemudian, saya kembali teringat dengan suatu kejadian saat tengah mengunduh berkas lewat toren. Saya mengganti utilitas pengunduh untuk unduhan yang sama dari FDM/Free Download Manager ke uTorrent.
   Tingkat penyelesaian (progress) unduhan toren saat itu sekitar 10% pada FDM. Sementara itu saya sudah memulai sesi pengunduhan baru pada uTorrent pada tingkat 1%. Kebetulan folder unduhan toren FDM dan uTorrent berbeda.
   Saat itulah terpikir di benak saya, bagaimana bila berkas toren 10% unduhan FDM itu saya timpakan ke berkas 1% pada folder uTorrent? Barangkali uTorrent bisa melanjutkan apa yang sudah diunduh FDM itu.
   Saya hentikan dulu unduhan berkas pada uTorrent, saya timpa dengan berkas unduhan FDM, lalu saya klik-kanan unduhan, dan pilih Force Re-Check,
UTorrent context menu, force re-check    Ternyata, dengan memaksa uTorrent untuk mengecek ulang unduhan, kini ia menyatakan unduhannya sudah mencapai 10%. Lebih hebat lagi, unduhan berlanjut hingga 100% dan berkas itu lolos pengujian 7-Zip!

   Mengingat pengalaman itu, kini saya putuskan untuk mencoba mencari toren yang berisi berkas yang sama dengan berkas unduhan langsung (direct download) saya yang rusak tadi. Untungnya, sebagian besar produk komunitas lepas lokan (open source) kini menyediakan saluran unduhan via toren.
Linux Mint, direct download mirrors and torrent
   Prinsipnya sama seperti di atas,
1. Saya jalankan unduhan toren dengan uTorrent, lalu saya hentikan,
2. Saya ubah nama berkas unduhan langsung yang rusak menyamakan dengan nama berkas unduhan yang dibuat uTorrent,
3. Saya timpakan berkas yang sudah dinamai ulang tadi ke berkas unduhan uTorrent,
4. Kembali ke uTorrent, saya klik-kanan unduhan dan memilih Force Re-Check,
5. Unduhan pun bisa dikoreksi hanya dalam hitungan beberapa menit saja!
   Singkatnya, dengan cara itu, saya bisa menghemat buaaanyak waktu karena tidak harus mengunduh ulang berkas yang rusak tadi. AlhamduliLlah! :)[]

Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds