Kamis, 20 Februari 2014

Tip Pemeliharaan Laptop

Kenapa laptop saya cepat panas? Kenapa laptop saya lemot sekali padahal speknya sudah maksimum? Mungkin ada lagi pertanyaan harian lain yang muncul di benak Anda sebagai pengguna laptop. Apa saja yang perlu kita ketahui agar laptop berkinerja prima dan tidak cepat rusak?

Tip Pemakaian Sehari-Hari

1. Biasakan membuka laptop dengan memegang kedua sisi layar atau tekan bagian tengah dari sisi bawah (kibor) sambil membuka layar dengan mengangkatnya pada bagian tengah sisi atas (layar). Patut diketahui, layar laptop sangat ringkih. Menurut pusat layanan langganan saya di Bandung kerusakan layar adalah 3 besar kerusakan yang mereka tangani selain kerusakan hard disk dan kibor.
2. Anda mungkin bertanya, apa sebabnya hard disk rusak masuk 3 besar? Getaran. Jauhkan laptop dari sumber getaran, misalnya kaki Anda yang bergoyang pada alas kaki meja, terlalu dekat dengan peranti stereo, atau digunakan di atas mobil di jalanan Bandung yang banyak berlubang (he-he…).

3. Lalu kenapa kibor masuk 3 besar? Tumpahan cairan. Sebagai langkah pencegahan, biasakanlah ngopi di warung kopi jangan di depan komputer (apalagi sambil dangdutan…). Gunakan plastik penutup kibor (Rp5000-an). Ini berguna untuk mencegah debu sekaligus tumpahan air mineral teman yang mampir ke meja Anda, misalnya.
4. Kabel adaptor boleh digulung, asal… bagian kabel yang terhubung ke laptop tetap dalam keadaan lurus. Ini mengurangi risiko kabel patah dan harus merogoh kocek membeli adaptor baru. Itu juga kalau ada. Biasanya mencari yang bekas saja susahnya minta ampun.
5. Jauhi sumber magnet kuat seperti kulkas (dinamonya), tv tabung, atau pompa air (emang ngapain pake laptop ‘ampe mesti mepet pompa air segala?) Radiasi lain yang perlu dihindari: sinar x di bandara misalnya, juga pancaran sinar matahari langsung (ini jelas karena laptop kebanyakan warnanya hitam, jadi nggak merasa perlu berjemur lagi dia).
6. Berperikemakhlukanlah dalam menggunakan laptop. Sedikit intermeso, menurut Alm. Harun Nasution (semoga Allah merahmati beliau), Islam itu sudah mencakup Pancasila. Ambil contoh, Pancasila mengajarkan perikemanusiaan, tapi Islam mengajarkan yang melebihi itu, yaitu perikemakhlukan (bukan manusia saja, tapi malaikat, jin, hewan, tumbuhan, hingga batuan dan mineral).
   Apa hubungannya Pancasila, eh, agama sama laptop? Laptop juga makhluk Tuhan, jadi jangan digunakan dengan prinsip hajar bleh sehari semalam nonstop. Beri jeda istirahat. Jika tempat kerja Anda berpendingin silakan nonstop 8 jam. Kalau tidak, gunakan 5-6 jam nonstop lalu jeda minimum setengah jam, 5-6 jam lagi, jeda lagi, dst. Jika tidak digunakan, minimum hidupkan 1-2 jam tiap hari agar bagian dalamnya tidak korosif karena terlalu lembab.
   Oh ya, supaya lebih berkesan dan sayang sama laptop, beri nama akrab, misalnya Hinata, Itachi, atau Bleki. Terserah selera Anda, yang penting bisa lebih “memakhlukkan” laptop Anda (nguwongke kata orang Jawa)…
7. Laptop bukan buku, jadi jangan menumpukkan barang di atas laptop. Barang apapun berisiko akan meretakkan layar yang ringkih itu. Saat memasukkan laptop dalam tas, pastikan tidak ada beban lain yang akan menekan bagian atas/layar laptop.
8. Saat laptop dalam keadaan terbuka, pindahkan laptop dengan mengangkat bagian berkibornya, jangan menjinjing pada bagian layarnya. Ingat, layarnya ringkih, engselnya juga ringkih, dan pada engsel ada konektor ke layar yang tentu saja bisa rusak kalau begitu caranya.
9. Kalau memasukkan disket, tekan dari belakang di bagian tengah disket, jangan pada bagian sudutnya. Masukkanlah CD/DVD dengan memegang sisi cakram dan tahan bagian bawah CD/DVD drive laptop saat menekan CD/DVD ke dalamnya. Sebaliknya, saat mengeluarkan CD/DVD, tekan sedikit lingkaran di tengah drive saat mengangkat CD/DVD untuk memudahkan melepas CD/DVD.
10. Simpan laptop di tempat yang tidak lembab/kering tapi sejuk. Ini karena perancang laptop umumnya berasumsi yang membeli laptop orang Barat yang hidup di iklim 4 musim, bukan iklim tropis panas seperti kita ini. Kalau disimpan untuk waktu lama, sisipkan silikagel secukupnya.

Tip Kebersihan Laptop

Kebersihan itu sebagian dari iman. Jadi…kita bisa membedakan pengguna yang lebih beriman dan yang tidak dari tingkat kekucelan laptopnya. Seberapa kusut. Seberapa kusam laptopnya menunjukkan tingkat keimanan penggunanya. Kalau laptop bisa ngomong, mungkin dia akan mengumpat penggunanya, “Dasar kafir, loe!”
   Jangan tersinggung, karena hanya 2 makhluk Allah Swt. yang diciptakan boleh memilih beriman atau tidak; sisanya—termasuk laptop—semuanya diciptakan dalam keadaan beriman dari sananya. Jadi, mana ada “makhluk beriman” yang dengan senang hati melayani pengguna yang tidak beriman? He-he… Sedikit percikan iman ala Aam Amiruddin nih…
1. Agar laptop tetap bersih, jika sering dibawa-bawa pindah tempat, gunakanlah selubung (softcase) agar praktis. Ini juga melindungi laptop dari benturan—yang bisa merusak hard disk, ingat? Soal getaran tadi?

2. Bersihkan layar dengan lap khusus misalnya Magic Cloth (3M). Biasanya diberikan sebagai bonus saat membeli laptop. Kalau diminta memilih antara lap ini atau mouse, pilih lap ini. Soalnya mouse bonus biasanya murahan dan bikin lengan cepat letoy. Lebih baik beli mouse ergonomis buatan Logitech misalnya (Rp90-ribuan).
   Jangan menyemprotkan cairan pembersih langsung ke layar. Biasanya cairan pembersih lensa kontak yang sudah kadaluwarsa, daripada dibuang, juga bisa digunakan—lebih baik lagi air mineral. Jangan gunakan cairan abrasif seperti alkohol 100% apalagi air keras (Anda mungkin harus periksa ke dokter jiwa kalau sampai mempertimbangkan memakai ini). Semprotkan dulu ke lap baru dilapkan ke layar. Cukup lembab jangan basah, agar tak menetes ke komponen yang rentan cairan.
   Lebih bagus lagi: lapisi layar dengan bahan pelapis (screen guard) yang bisa diminta dipasangkan di pusat layanan, agar kita tak perlu menyentuh langsung layar. Lebih awet.
3. Tiap 6 bulan sekali, minta pusat layanan membersihkan bagian dalam laptop seperti kipas juga seluruh bagian dalam dan komponen penyerap panasnya. Mungkin biayanya Rp50rb. Kalau saya, saya tanya Om Google gimana cara membongkar laptop tipe milik saya, lalu saya bersihkan sendiri. Kalau Anda takut, dan dompet tidak menolak, lebih baik ke pusat layanan, biar sekalian divakum (bukan vakum lantai, tapi yang USB-powered).

Tip Menghindari Panas Berlebihan

Sudah jelas, jangan gunakan laptop sambil nungguin jemuran kering (pake alasan berjemur segala, wong kulit udah sawo matang ‘gini mau digosongin apa?), atau dekat oven (alasannya lagi ngebantuin chef Shafeera Quinn, misalnya). Ini dan yang sejenisnya rasanya nggak perlu dijelasin lagi kayaknya. Oke…
1. Jangan gunakan laptop sambil dipangku, di atas sofa lembut, kasur, karpet berbulu tebal, atau permukaan lunak lain yang berpotensi membekap saluran ventilasi laptop. Saluran ventilasi biasanya ada di bawah dan di sisi-sisi laptop juga atas (permukaan tempat kibor). Bagian berkisi-kisi di bawah dan di sisi laptop itu bukan hanya untuk aksi-aksian, tapi memang ada gunanya…

2. Bagi yang senang memangku laptop, belilah alas penyerap panas (cooling mat) dari bahan alumunium (ini serius, tapi bukan seng, ya…). Kalau di AS merek yang terkenal Targus, Thermaltake, atau Xion. Di Indonesia mungkin sudah ada yang buatan Cina (apa coba yang gak dibuat RRC?). Letakkan di bawah laptop lalu pangku. Alas tadi bisa menyerap lalu melepaskan panas dari laptop ke udara.
3. Gunakan laptop pada permukaan datar dan keras, misalnya jalan raya, ups, meja. Lebih bagus lagi kalau bisa membeli alas yang biasanya dijual berkipas (kalau gemar membuat sendiri, buatlah bentuk serupa dari kisi-kisi rak piring bekas). Saran: beli yang tanpa kipas kalau ada, lebih murah dan lagi kipasnya lebih baik tidak dinyalakan karena justru mengundang debu lebih cepat masuk ke dalam laptop.
4. Lepaskan betere saat sudah penuh (lampu indikator hijau/biru). Meski laptop modern akan berhenti mengisi sendiri saat batere penuh, tapi batere rentan terhadap imbas panas laptop. Lebih lanjut soal batere sua artikel yang ini.
   Pantau panas prosesor dan hard disk dengan aplikasi Open Hardware Monitor. Saya pilih yang ini karena ada versi portabelnya. Aplikasi populer lain SpeedFan memerlukan pemasangan—yang biasanya membuat registri Windows kita makin gendut dan lamban. Suhu rata-rata saat pemakaian biasa adalah 30-50 derajat Celcius, saat pemakaian penuh 50-100. Biasanya pada 100 derajat, laptop akan mati otomatis sebagai tindak pencegahan (rincian lebih kini silakan baca Agar Laptop Tak Cepat Panas/Overheating).

Tip Kebersihan Windows

Ini juga indikator keimanan. Makin awut-awutan registri, makin jorok berkas temporer dan tong sampah, makin kurang beriman pemilik Windows-nya.
   Jalankan utilitas-utilitas berikut seminggu sekali, kalau bisa hari Jum’at biar berkah. Oh ya, bagi yang sudah terlalu terbiasa dengan kalender Masehi, hari Jum’at itu dimulai pada Maghrib di hari Kamis dan berakhir pada Maghrib di hari Jum’at.
1. CCleaner (biasakan memakai yang portabel, agar registri tetap langsing dan seksi), jalankan fungsi Cleaner dan Registry-nya.
2. BleachBit (pakai yang portabel juga), ini untuk membersihkan sampah yang terlewatkan oleh CCleaner. Kalau pakar sekuritas sekaliber Bruce Schneier pake ini, jelas utilitas ini bermutu banget.
3. Advanced SystemCare Free (ada unduhan portabel lengkap di sini), klik tombol Scan gedenya itu, tapi buang dulu centang pada opsi Vulnerability Fix (Windows updates) dan Disk Defragment. Ini menuntaskan sisa-sisa yang terlewatkan oleh CCleaner.
4. Auslogics Disk Defrag (lagi-lagi, pakai yang portabel). Ini merapikan hard disk agar kinerja komputer tetap gesit dan tidak cepat panas gara-gara head dari hard disk terlalu sering mencari-cari posisi data yang terpencar-pencar.

   Itu dia tip-tip ringan dan praktis untuk merawat fisik maupun “mental” laptop kita. Kalau ada tip menarik dari pengalaman Anda, silakan bagi di halaman umpan balik atau via email lepaslokan(di)gmail.com. Pesan sponsor: Bravo KPK! Ayo tangkap biangnya Century yang masih mondar-mandir dan cengar-cengir itu! Yay![]

Bahan Bacaan

How To Diagnose and Fix an Overheating Laptop http://www.howtogeek.com/67660/how-to-diagnose-and-fix-an-overheating-laptop/
How To Fix An Overheating Laptop http://www.makeuseof.com/tag/fix-overheating-laptop/
How to Keep Your Laptop Cool by Julia Layton http://electronics.howstuffworks.com/how-to-tech/how-to-keep-laptop-cool.htm/printable
How to Keep Your Laptop from Overheating, edited by Nicole Willson, Glutted, Ben Rubenstein, Tipper and 13 others http://www.wikihow.com/Keep-Your-Laptop-from-Overheating
How to Stop Your Laptop Overheating by Andre Coetzee http://www.instructables.com/id/How-to-Stop-Your-Laptop-Overheating/?ALLSTEPS
How to Take Good Care of Your Laptop Computer, edited by Dr.Mani, Ben Rubenstein, Darryl Gittins, Flickety and 47 others http://www.wikihow.com/Take-Good-Care-of-Your-Laptop-Computer
What is an average CPU Temperature for a laptop computer? http://quomon.com/44777/What-is-an-average-CPU-Temperature-for-a-laptop-computer[]



Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds