Sabtu, 31 Mei 2014

Mengubah Ikon Aplikasi/Dokumen pada Windows 8

Tak seperti Windows Explorer pada versi sebelumnya, File Explorer pada Windows 8 tidak memiliki rincian dalam menu konteks yang membuat pengguna bisa mengubah ikon suatu aplikasi atau dokumen.
   Bisa dilihat di bawah ini, dengan mengklik tombol Advanced..., tak tersedia pilihan untuk mengubah ikon seperti di versi Windows sebelumnya.

   Untunglah ada sebuah aplikasi gratis bernama Default Programs Editor. Aplikasi portabel gratis ini agaknya sudah tidak dikinikan lagi--karena terakhir saya cek situs pengembangnya sudah tak bisa diakses lagi.

   Oh ya, ada syarat untuk memasang Microsoft .Net Framework 3.5 dahulu sebelum bisa menggunakan aplikasi praktis ini. Khusus untuk Windows 8, caranya:
1. buka Command Prompt sebagai Admin,
2. pasang DVD atau flash disk instalasi Windows 8,
3. lalu copy-paste perintah berikut ke jendela Command Prompt tadi:
DISM /Online /Enable-Feature /FeatureName:NetFx3 /All /LimitAccess /Source:i:\sources\sxs
ganti i: menjadi drive letak DVD/flash disk instalasi Windows 8.

   Nah, kini kita bisa mengganti ikon-ikon yang kita anggap usang dengan padanan Modern UI-nya![]



Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds