Sabtu, 31 Mei 2014

Memilih Hard Disk yang Paling Bisa Diandalkan

Baru-baru ini saya mendapat musibah.... Hard disk laptop saya (250GB) mendadak mati total. Setelah saya periksakan ke layanan servis langganan, juga ke layanan revival hard disk, semuanya menyerah.
   Katanya ada komponen yang harus dikanibal, tapi sulit dicari, ditambah...biayanya akan lebih mahal daripada membeli yang baru. Saya pun menyerah. Data seabrek di dalamnya harus saya relakan.... "Tawakal," nasihat Pak Quraish.

   Ini pengalaman saya yang kedua dengan hard disk merek Toshiba/Fujitsu. Dulu, sewaktu masih memakai laptop Toshiba, hard disk 2GB saya itu juga mendadak mati. Untungnya ia mati tak lama setelah dilepas karena saya meng-upgrade-nya ke kapasitas yang lebih tinggi. Mungkin dia "marah" karena nggak dipakai lagi :) Padahal semula saya mau memanfaatkannya untuk hard disk cadangan eksternal. Dasar nasib...

   Saya putuskan tak mau jatuh ke lubang yang sama (Toshiba/Fujitsu) untuk ketiga kali. Jadi, merek hard disk apa yang paling andal (reliable)? Google sangat membantu, karena ia memberikan sebuah artikel yang sangat bermanfaat ini.
   Inti artikel ini adalah survei internal yang dilakukan di sebuah data hosting. Ini berarti semua server-nya beroperasi selama 24/7 (24 jam per hari, 7 hari per pekan) alias non-stop. Hosting ini mengoperasikan lebih dari 27.000 hard disk dan survei dilakukan dalam rentang 3 tahun.
   Ringkasnya, hasil survei itu memberikan peringkat keandalan hard disk menurut merek sebagai berikut:
1. Hitachi/HGST--baru-baru ini dibeli WD.
2. WD/Western Digital--tak jauh di bawah Hitachi.
.
.
.
.
.
... Merek-merek lain: Seagate, Fujitsu/Toshiba, Samsung, dll.--boleh secara kasar dikatakan berperingkat jauh di bawah 2 merek teratas tadi.

   Hasil survei itu menunjukkan bahwa potensi gagal hard disk Hitachi dalam 12 bulan/1 tahun sekitar 1%, WD sekitar 3%, sementara merek lain sekitar 9%:

   Sementara tingkat kegagalan dalam jangka panjang (3 tahun): Hitachi (3%), WD (5%), lalu...merek lain (26%):


   Berdasarkan temuan itu, saya memutuskan untuk hanya membeli merek Hitachi atau WD. Informasi ini semakin bermanfaat kala kita hendak mencari hard disk bekas, karena kini kita tahu mana merek yang lebih berpotensi tahan lama, meski sudah bekas.[]



Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds