Selasa, 24 Juni 2014

Membuat Multiboot USB Flash Disk

Menginstalasi Windows bisa lebih praktis melalui flash disk. Sebelumnya saya sangat menyukai Rufus, tapi ada kelemahan yang mengganggu: ia tak bisa membuat lebih dari satu citra (image/ISO) ke dalam flash disk.
   Ambil contoh, bila saya ingin membuat flash disk instalasi untuk Windows 8, GNU/Linux, serta beberapa citra emergency disk, maka saya harus menyiapkan beberapa flash disk. Mengingat kapasitas yang tersedia umumnya 8GB, maka otomatis ada banyak ruang tak terpakai di tiap flash disk.

   Setelah mencari-cari sebentar di Internet, ternyata sudah lama ada utilitas lain bernama YUMI – Multiboot USB Creator. Ada pilihan untuk Windows tapi agak di bawah,
YUMI menu untuk Windows 8/7/Vista

   Sementara untuk citra/ISO yang tak terdaftar bisa coba gunakan pilihan yang lebih bawah lagi,
YUMI menu untuk Unlisted Bootable ISOs
   Saya menggunakan pilihan tadi untuk citra EaseUS Todo Backup Free.

   Dengan fitur multiboot dari YUMI, flash disk 16GB saya kini bisa digunakan untuk mencoba-coba distro GNU/Linux semisal Mint,
YUMI list of ISOs

Kelemahan

YUMI belum bisa memindahkan citra instalasi untuk 32-bit dan 64-bit pada flash disk yang sama, misalnya Windows 8 32-bit dan Windows 8 64-bit.
   Saat saya coba, yang terjadi adalah citra yang paling akhir dimasukkan akan menimpa citra yang lain. Misalnya citra 32-bit akan menimpa citra 64-bit yang terlebih dahulu dimasukkan. Akibatnya, semua pilihan menu YUMI hanya akan menjalankan instalasi untuk citra yang 32-bit saja.

   Nah, itulah dia. Temuan menarik 2-3 pekan yang lalu saat ingin membuat flash disk instalasi Windows 8.1.[]



Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds