Senin, 23 Juni 2014

Keunggulan dan Kelebihan Windows 8

Melihat data porsi pengguna pada Mei 2014, Windows 8 (8.1) masih setengah daripada porsi pengguna XP (25%) dan lebih jauh lagi dibandingkan 7 (50%).
Windows 8/8.1 usage share may 2014, netapplications

   Ini dari perspektif pasar, tapi dari perspektif teknis sebenarnya ada kelebihan dan keunggulan Windows 8 yang patut menjadi pertimbangan bagi mereka yang ingin beralih.

Kecepatan

Keunggulan utama dan barangkali sering dijadikan alasan utama untuk beralih ke Windows 8 adalah kecepatan.
   Kecepatan bisa dikatakan sinonim dari Windows 8. Melihat tabel di bawah, kecepatan boot awal—yakni dari sejak menyala hingga bisa digunakan—bisa memangkas 350% waktu.

Windows 8Windows 7
Boot Time (Windows Screen to Desktop)0:100:35
Compress a ~700MB File0:290:32
Decompress a ~700MB File0:110:12
Duplicate a ~700MB File0:010:02
Encode a Movie in Handbrake8:068:15
Cold Start 9 Applications0:460:46
Open 10 Tabs in Chrome0:070:07
3dmark10 Score6470 (5218 Graphics, 23098 CPU)6455 (5199 Graphics, 23448 CPU)
Total Time9:5610:29
(Sumber: Windows 8 Speed Tests: It's Faster at Pretty Much Everything)

   Hal lain yang patut disebutkan adalah lama waktu instalasi pun menurun drastis. Saya sendiri hijrah dari Windows XP. Memasang XP bisa memakan waktu 3-4 jam. Windows 8 bisa menuntaskan ini di laptop yang sama hanya dalam bilangan 20 menit! Ini membuat saya terkaget-kaget.
   Demikian pula waktu untuk mematikan komputer (shut down), bisa dibilang lebih singkat hingga 200% lebih (sumber: Windows 8 vs Windows 7: Speed Tests).

File Explorer

Windows Explorer berganti nama menjadi File Explorer dengan beberapa tambahan manis: sebuah tombol Up untuk berpindah ke folder di atas folder saat ini,
File Explorer tombol Up
dan menu pita (ribbon) ala Office.
File Explorer menu pita/ribbon
   Selain itu, kotak progresi operasi Copy/Move (progress dialog box) untuk lebih dari satu operasi bisa ditampilkan bersamaan pada satu kotak progresi saja.
File Explorer 2 copy/move operations
   Kalau mau, salah satu bisa kita jeda/pause agar operasi yang lain bisa lebih cepat.
File Explorer 1 operation paused

Task Manager

Task Manager/TM mengalami peningkatan fitur drastis dibandingkan pada Windows versi sebelumnya. Ia kini lebih informatif, terutama tampilan More details-nya.
   Jalankan (Ctrl+Shift+Esc) lalu klik More details,
Task Details less details
   Tab Performance lebih mudah dibaca,
Task Manager performance tab
   Tab Start up menampilkan sekaligus memungkinkan kita mengelola (mengaktif/nonaktifkan) aplikasi yang dijalankan saat Windows dinyalakan,
Task Manager Startup tab

Task Scheduler

Agaknya hampir semua fitur mengalami upgrade/peningkatan, dan mungkin tak semuanya bisa diungkap di sini. Kita bisa wakilkan salah satu fitur lanjut yakni penjadwal tugas.
Task Scheduler baru pada Windows 8
   Seperti bisa dilihat di atas, peningkatannya dari versi sebelumnya sangat drastis. Memang menjadi lebih kompleks bagi pengguna biasa, tapi ini sekadar contoh bahwa peningkatan fitur memang terjadi di hampir semua lini Windows 8.

Windows Defender: Anti Virus Gratis

Sebelumnya, Windows Defender hanya berfungsi sebagai firewall. Kini, pada Windows 8, ia sekaligus menjadi anti virus.
Windows Defender Anti Virus pada Windows 8
   Pengalaman saya hingga kini aman-aman saja. Jadi, tak harus repot lagi memasang anti virus saat pertama kali instalasi. Rekomendasi untuk anti virus gratis pengganti yang baik bisa sua artikel Open Your Windows, Indonesia!
   Bila ingin menambahkan operasi pindainya pada menu klik-kanan (context menu) cukup unduh dan jalankan penambah registri buatan Winaero.
Windows Defender anti virus context menu

Start Screen?

Banyak yang menganggap fitur ini mengganggu, payah, hingga menyebalkan. Tapi bagi saya ini justru mengangkat popularitas RSS—semacam saluran siar berita dari sumber berita (situs, blog, dst.) ke aplikasi penerima (reader). Aplikasi pembaca yang sangat populer adalah Google Reader yang dipensiunkan pada Juli 2013.
   Bagi saya, Start screen bisa menggantikan fungsi tadi dengan lebih baik lagi. Ini berkat fitur live tile yang bisa menampilkan cuplikan isi/teks berita tanpa harus membuka aplikasinya. Mod-app (Modern app, dulu Metro app) yang saya gunakan adalah News Bento. Ada juga Readiy—tapi yang ini sangat pelit menampilkan live tile.
   Inilah Start screen yang membuka hari-hari saya dengan menyajikan berita-berita terbaru dari seantero Internet.
News Bento live tiles pada Start screen

   Itulah menurut saya keunggulan dan kelebihan Windows 8 dari sisi pengguna biasa/awam. Nampaknya kecepatan menjadi nilai jual tertinggi Windows 8.
   Bagi yang ingin mengetahui kekurangan-kekurangannya, bisa membaca artikel Kekurangan-Kekurangan Windows 8.

   Semoga bermanfaat untuk membantu keputusan migrasi/hijrah Anda! :)[]



Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds