Senin, 30 Juni 2014

Flash Disk/USB Flash Drive Paling Handal

Apa merek flash disk paling handal (reliable)? Apa merek yang terbaik, tahan lama, awet, dan tak mudah rusak?
SanDisk USB Extreme flash disk, most reliable low price flash disk
   Secara umum, merek besar bisa menjadi jaminan. Merek-merek seperti SanDisk, Kingston, Adata, Transcend, Toshiba, HP, dst. bisa dijadikan jaminan kualitas.

Flash disk performance/speed comparison
(Sumber: "31 USB 3.0 Thumb Drives, Tested And Reviewed", Manuel Masiero, Achim Roos, tom's Hardware, July 21, 2013)

    Sementara merek-merek generik seperti PenDrive, dst. biasanya kalah dari sisi kecepatan transfer.

Praktek Baik Pemakaian Flash Disk

Agar lebih awet dan tahan lama, bagaimana sebaiknya penggunaan sehari-hari flash disk?
   Jangan dilepaskan dari port-nya sebelum di-eject dari Windows. Cari flash disk pada notification tray dan keluarkan dulu secara software baru dilepaskan secara fisik.
   Formatlah dengan sistem FAT32 (baku) jangan NTFS. NTFS adalah sistem berkas berjurnal (journalling file system) yang akan lebih sering menulisi flash disk sehingga lebih cepat mengauskan flash disk.  Kecuali jika memang tak ada pilihan, baru gunakan NTFS.
   Jangan didefragmentasi. Proses defragmentasi akan menulisi flash disk dengan frekuensi banyak, ini juga mempercepat aus, jadi hindari.
   Jauhkan dari sumber listrik/magnet yang kuat. Ini umum bagi perangkat elektronik pada umumnya. Jauhi sumber dinamo kuat seperti kulkas, tv, speaker besar, atau ac, dan semacamnya.
   Cadangkan (backup) selalu isi flash disk. Buat salinan data ke media simpan lain agar sewaktu-waktu mengalami aus dan rusak, data kita tetap aman.

   Patut dicatat bahwa flash disk bukan hard disk ia tak sepenuhnya bisa didiagnosis dengan utilitas seperti CHDSK, Scandisk, dan semacamnya; jadi kalau sewaktu-waktu Windows menyatakan flash disk Anda perlu dipindai, maka jangan panik karena bisa jadi bukan apa-apa.[]



Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds