Selasa, 01 Juli 2014

One Commander: Windows/File Explorer Kita Berikutnya

Selama ini, manajer berkas/file manager standar pada Windows yakni Windows/File Explorer (FE) sudah dirasakan kurang memenuhi kebutuhan sehari-hari pengguna. Ini sebabnya muncul solusi-solusi seperti Free Commander (meneruskan tradisi Norton Commander), atau Q-Dir yang bisa sekaligus menampilkan 4 jendela.
One Commander logo
   One Commander (dahulu bitCommander) adalah file manager baru yang agaknya akan menjadi standar bagi para pengguna Windows. Ia bisa dikatakan kandidat terkuat untuk menjadi Windows/File Explorer berikutnya. Apa saja keunggulannya?

   Antar-muka struktur folder yang lebih mudah dimengerti. Struktur folder disajikan dalam bentuk tab yang bersusun (nested tabs) hingga hirarki folder tetap terlihat dan mudah diramban (browse) ke bawah (ranting) atau ke atas (induk).
One Commander easy navigation throughout folders, down or up folders
   Keistimewaan lain pendekatan di atas adalah pengguna tidak perlu banyak memindahkan kursor mouse untuk meramban. Ia bisa tetap fokus di area yang kurang lebih sama (pusat perhatian).
   Ini juga amat memudahkan bagi pengguna layar sentuh, karena tidak perlu banyak memindahkan jari.

   Pemanfaatkan ruang layar yang cerdas. Tiap tab bisa diramban dengan mudah dan akan otomatis melebar saat di bawah kursor, untuk memudahkan penglihatan dan berpindah folder. Dengan begini, kita tidak memerlukan lagi tombol panah ke atas pada FE/Windows 8.
Swith between folders parent/child easily with One Commander
   Kita juga bisa membuat sesi perambanan baru dengan mengklik '+Tab' yang tersedia di bawah.
   Operasi copy/move bisa dilakukan secara tarik lalu taruh (drag and drop) baik antar susunan tab, folder, drive, juga antar sesi tab perambanan.

   Operasi Copy/Move berkas dari folder yang berlainan secara sekaligus dengan Drop List. Dulu di FE kalau kita mau menyalin/memindahkan berkas-berkas yang berbeda folder kita harus melakukannya dari tiap-tiap folder.
   Kini dengan One Commander kita bisa memasukkan terlebih dahulu berkas-berkas yang ingin kita salin/pindahkan pada Drop List. Setelah semua berkas masuk, kita tinggal melakukan operasi copy/move secara sekaligus ke folder tujuan. Ini lebih menghemat waktu.
One Commander: copy/move files from different folders at once
   Kelemahan: karena masih versi beta, nama berkas tak terlihat dan tertutup jendela Drop List.

   Pencarian berkas ketik langsung ala Start menu/screen. Di suatu folder kita bisa melakukan pencarian berkas dengan mengetikkan saja apa yang kita ingat dari nama berkas itu, dan One Commander akan menyortir dan menampilkan mana saja berkas yang cocok. Cukup tekan Esc untuk menghapus pencarian.
One Commander type text to search

   Itulah sekelumit fitur paling menarik dari One Commander yang saat ini masih pada tahap versi beta. Fitur lainnya bisa disua langsung di http://onecommander.com. Rasanya sudah tak sabar untuk segera menikmati versi final.
   Inilah kandidat pengganti Windows/File Explorer terbaik saat ini. Inilah Windows/File Explorer kita yang berikutnya![]

   Tip. Utilitas ini diedarkan portabel (http://onecommander.com/download.html), tapi memerlukan .NET 4.5, VS2012/2013 Redistributables, dan bagi versi Windows sebelum 8, tampilan thumbnail memerlukan Camera Codec Pack.
   Bagi pengguna Windows 8/8.1/update 1, cukup memasang VS2012/2013 Redistributables, yang lain sudah ada pada Windows.



Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds