Minggu, 20 Juli 2014

Pembebas File/Folder (Unlocker): File Governor

Kadang kala, saat kita hendak memindahkan/move atau menghapus/delete suatu berkas (file) atau map (folder), muncul kotak peringatan berikut,
File locked error message
   Isi peringatannya beragam tergantung apa jenis objek yang tengah terkunci (locked) atau tengah dibuka/digunakan oleh Windows atau aplikasi lain, misalnya:
Cannot delete file: Access is denied

There has been a sharing violation.

The source or destination file may be in use.

The file is in use by another program or user.

Make sure the disk is not full or write-protected and that the file is not currently in use.
   Ambil contoh, berkas arsip/zip yang tengah kita buka dengan 7-Zip, tidak bisa dipindahkan atau dihapus.

   Ada beberapa utilitas untuk mengatasi masalah ini, misalnya:
~ Unlocker. Ini utilitas pionir dan tertua, sayang ia harus dipasang (install) alias tidak portabel. Saat ini versi terbaru 1.9.2 (rilis 16 Mei 2013) tapi versi portabelnya masih belum dikinikan dari versi 1.9.0.
~ IObit Unlocker. Ini utilitas yang mungkin dikembangkan IObit melihat popularitas Unlocker. Kelemahannya, versi portabelnya tak bisa membuat entri pada context menu (menu klik-kanan) dari Windows/File Explorer.
   Kini, ada utilitas baru bernama NoVirusThanks File Governor yang menutup semua kekurangan utilitas tadi. Utilitas ini memiliki versi portabel dan bisa diintegrasikan ke context menu/klik-kanan dari Windows/File Explorer. Caranya mudah:
1. Jalankan utilitas ini sebagai administrator, lalu buka menu Settings -> centang pilihan Add to Windows Explorer Context Menu -> tutup saja jendelanya karena otomatis disimpan.
File Governor -> Settings
2. Kini, manakala menemui berkas/file atau map/folder yang "bandel" tidak mau dipindahkan atau dihapus, maka cukup klik-kanan pada berkas/map itu dan Unlock with File Governor....
File Governor context menu
Beres![]

Via: NoVirusThanks.org

Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds