Jumat, 12 September 2014

Menyambut Era Smartphone 64-bit

Sejak Apple merilis smartphone berprosesor 64-bit, yakni iPhone 5S, smartphone sudah memasuki era baru, yakni era 64-bit.
Menyambut Era Smartphone 64-bit
   Apa keunggulan utama 64-bit? Secara prinsip sama dengan yang ada di dunia komputasi (baca Apakah Perbedaan Prosesor/CPU 32-Bit Dan 64-Bit?).
      Baru-baru ini mulai bermunculan smartphone berprosesor 64-bit. Ada htc Desire 510 dari kubu Android.
Menyambut Era Smartphone 64-bit      Tak lama, selang sekian bulan, hadir Alcatel One Touch POP 2 dari kubu Windows for Phone (dh. Windows Phone).
Menyambut Era Smartphone 64-bit
   Keunggulan utama sistem 64-bit adalah kecepatan, dan terutama akses memori/RAM yang lebih besar. Sistem 32-bit seperti Android saat ini dibatasi hingga 4GB memori/RAM. Sistem 64-bit bisa hingga 16 exabytes alias 16 milyar GB atau "tak terbatas."
   Saat ini memori/RAM terbesar yang diberikan beberapa smartphone kelas atas masih 3GB, seperti misalnya OnePlus One, Xiaomi Mi 4, LG G3, HTC One M8, atau Lenovo Vibe Z2 Pro. Bahkan Samsung Galaxy S5 pun masih 2GB.
   Namun kehadiran para produsen Cina dengan cepat menurunkan harga sambil memberikan spesifikasi kelas atas, ambil contoh IUNI U3 yang memberikan 3GB RAM juga layar QHD yang masih merupakan fitur segmen sekelas LG G3,
Menyambut Era Smartphone 64-bit   Tren dari negeri Tiongkok ini akan terus bergulir. Menurut saya Cina sudah menjadi barometer smartphone dunia saat ini. Dengan begitu, dalam 1-2 tahun ke depan ambang batas 4GB RAM berpeluang besar akan segera ditembus produsen Cina.

   Transisi ke sistem 64-bit memerlukan beberapa faktor:
1. Sistem operasi 64-bit,
2. Aplikasi berbasis 64-bit.
   GNU/Linux—sistem operasi asal Android—adalah kernel sistem operasi pertama yang berbasis 64-bit (2001), disusul Windows (XP) pada tahun yang sama. Jadi baik Android maupun Windows sudah siap 64-bit.
   Pengembang app/aplikasi hanya perlu melakukan kompilasi ulang baris kodenya ke sistem 64-bit. App 64-bit biasanya akan berukuran lebih besar dibandingkan yang 32-bit.
   Melihat kedua faktor tadi, Android sudah siap. Windows for Phone bahkan lebih siap lagi.

   Jadi sekarang tinggal soal waktu saja. Smartphone 64-bit sesuai prediksi sudah mulai bermunculan tahun 2014 ini. Tahun 2015 peranti 64-bit akan makin dominan. Setelah itu, kita akan benar-benar berada di era 64-bit![]

 Via: Jeremy Laird, TechRadar, December 23rd 2013.

Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds