Selasa, 30 Desember 2014

MozJPEG: Akhirnya, Solusi Lepas Lokan/Open Source untuk Format Grafik JPEG

 MozJPEG, Solusi Lepas Lokan/Open Source untuk Format Grafik JPEG Meski format lepas lokan/open source PNG sudah bisa menggantikan format komersial GIF, tapi hingga saat ini kita masih belum memiliki alternatif lepas lokan untuk format JPEG.
   Untunglah, kini telah hadir MozJPEG — a modernized JPEG encoder versi 3.0 dengan tingkat kompresi yang sudah layak untuk menggantikan JPG/JPEG versi komersial.
   Bagi yang awam, format PNG sangat cocok untuk mengompresi (mengecilkan ukuran) berkas grafik dengan warna-warna datar/flat. Sementara JPEG sangat cocok untuk mengompresi berkas grafik/foto dengan warna-warna bergradasi/kaya warna.
   Hasil kompresinya lebih mulus dibandingkan JPEG biasa, misalnya untuk gambar teks berikut,
 MozJPEG, Solusi Lepas Lokan/Open Source untuk Format Grafik JPEG    Sementara ini, belum ada peranti kompresi MozJPEG untuk Windows yang bisa digunakan offline, tapi sudah ada versi online di alamat https://imageoptim.com/mozjpeg,
 MozJPEG, Solusi Lepas Lokan/Open Source untuk Format Grafik JPEG    Saya sendiri belum mencoba membandingkan sebesar apa kemampuan kompresi MozJPEG dibandingkan misalnya peranti berbasis JPEG komersial seperti RIOT (he-he..., saya menunggu versi portabelnya saja...), tapi ini jelas berita bagus bagi pengguna aplikasi gratis terutama dari komunitas lepas lokan/open source maupun freeware.

   Alternatif baru lain adalah format BPG/Better Portable Graphics yang bisa mengompresi lebih kecil dibandingkan JPEG, tapi memang dukungan peramban masih belum seluas JPEG. Namun BPG sudah bisa dinikmati versi offline-nya pada tautan di atas.

Sumber: MozJPEG 3.0, Kornel LesiƄski, http://calendar.perfplanet.com/2014/mozjpeg-3-0/[]

Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds