Kamis, 07 Agustus 2014

Antivirus Terbaik untuk Komputer dan Gawai/Gadget (Agustus 2014)

Utilitas ini mungkin yang paling pertama kita pasang saat melakukan instalasi ulang sistem operasi, baik itu pada komputer maupun gawai/gadget kita—baik tablet maupun smartphone.
   Bagi pengguna Windows 8, Microsoft telah berbaik hati menyertakan Windows Defender yang kini tak hanya berfungsi sebagai firewall—penjaga dari serangan malware saat ber-Internet—tapi sekaligus sebagai antivirus.
   Itu membantu mengamankan komputer saat pertama kali memasang Windows 8, setidaknya untuk aktivasi. Dari pengalaman saya pribadi, Windows Defender pada Windows 8 sudah memadai, terutama bagi pengguna berpengalaman yang sudah lebih waspada.
   Akan tetapi, bagi pengguna awam, akan lebih baik bila mengetahui dan kemudian memanfaatkan antivirus terbaik. Inilah manfaat artikel ini. Kita akan memanfaatkan hasil jerih payah pengujian lembaga AV-TEST.
AV-TEST homepage Aug 2014
   Terbaik di sini dilihat dari sisi proteksi/perlindungan (protection) dari serangan virus, aspek lain yakni kinerja (performance), dan kemudahgunaan (usability)—dinomorduakan. Aspek lain yang juga diperhatikan adalah: gratis :)

Antivirus Terbaik untuk Windows 8—bagi Pengguna Biasa (Home)

AV-TEST best antivirus for windows 8 home users, april 2014
Seperti kita lihat, hasil pengujian AV-TEST pada bulan April 2014 menunjukkan 2 produk menempati posisi pertama, yakni Avira Internet Security 2014 dan Bitdefender Internet Security 2014.
Bitdefender for home user, homepage, Aug 2014
   Anda boleh memilih salah satu darinya, meski saya lebih menyarankan Bitdefender. Tentu saja bukan versi komersial di atas, tapi versi gratisnya yang bisa diunduh dari Filehorse. Versi gratis ini tentu tak setangguh versi komersialnya, tapi... sudah memadai! :)

Antivirus Terbaik untuk Android (Tablet dan Smartphone)

AV-TEST best antivirus for android users, july 2014
Ada 3 pilihan untuk gawai Anda: AhnLab V3 Mobile Plus 2.0 (2.1MB), Antiy AVL (4.3MB), dan Avast Mobile Security & Antivirus (8.1MB).
   Ketiganya bisa dipasang gratis pada Android versi 2.1 ke atas, jadi Anda bebas memilih salah satunya. Saya menyarankan AhnLab karena paling hemat ruang, yakni 2.1MB saja. Keterbatasan ruang memori internal adalah salah satu perhatian pengguna Android.
Ahnlab V3 Mobile Plus 2.0 on Google Play, Aug 2014
   Saya sendiri lebih senang menggunakan AMC Security- Antivirus, Clean dari IObit Mobile Security (6.6MB, Android 2.2 ke atas), karena saya sudah merasakan ketangguhan Advanced SystemCare Free pada komputer saya.
AMC Security- Antivirus, Clean on Google Play, Aug 2014
   AMC Security- Antivirus, Clean memberikan beberapa utilitas yang saya anggap mencukupi hingga tak memerlukan utilitas lain, yakni:
~ antivirus,
~ deinstalator/uninstaller (App Manager),
~ pembersih sampah/junk (Scan),
~ pembebas ruang memori (Task Killer),
~ penghemat batere (Battery Saver),
~ pencadang buku alamat/telepon (Cloud Backup),
dan beberapa utilitas lain yang mungkin Anda suka.
   Tapi bila ruang memori internal Anda tersedia lapang, maka sebaiknya memasang AhnLab saja, lebih aman!

Antivirus Terbaik untuk Windows 8—bagi Pengguna Perusahaan (Corporate)

AV-TEST best antivirus for windows 8 corporate users, april 2014
Pengguna perusahaan memiliki pilihan yang bagus, yakni Bitdefender Endpoint Security 5.3. Tentu saja ini versi komersial.
Bitdefender Endpoint Security 5.3 homepage, Aug 2014
   Bila ingin hemat anggaran, maka saya rasa bisa mencukupkan diri pula dengan memanfaatkan edisi gratis seperti yang digunakan pengguna biasa.

   Nah, itulah risalah ringkas utilitas paling populer bagi semua pengguna peranti digital, semoga bisa membantu meningkatkan rasa aman berpetualang Anda di Internet![]

Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds