Senin, 18 Agustus 2014

MIUI 6: "iOS" dengan Sentuhan "Modern UI" (Material Design)

Xiaomi baru saja mengumumkan MIUI 6 pada acara 798 Art Zone, di Beijing 16 Agustus 2014. Sistem operasi Android racikan Xiaomi ini dirancang dengan pendekatan modern—meski tak mengikuti pedoman material design yang dibuat Google.
MIUI 6 home, calc, calendar
MIUI 6 radio/fm, weather, clock
   Seperti sudah kami ulas dalam artikel lain, material design sangat dipengaruhi modern UI-nya Windows 8. Xiaomi sendiri sudah lama dicitrakan sebagai pengikut fanatik Apple. Smartphone-nya Mi didesain menjiplak iPhone, dan tampilan sistem Androidnya MIUI tentu saja menjiplak iOS. Hasilnya adalah sesuatu yang aneh tapi nyata: seakan Microsoft (modern ui) dan Apple (iOS) bersinergi dalam MIUI.
   Tak seperti Android stok, MIUI 6 telah dilengkapi utilitas esensial yakni antivirus dan pemeliharaan sistem Clean Master.
MIUI 6: antivirus, cleaner
   Harus diakui, bagi pengguna Android yang umumnya "wong cilik" (lihat ulasannya di sini), bisa menikmati desain sistem operasi ala "iOS" di peranti murah/massal ala "Windows" memang menjadi kenikmatan tersendiri. Xiaomi jeli melihat kebutuhan terpendam ini.
MIUI 6: compass, movie, music
MIUI 6: recorder, clock, weather
MIUI 6: sharing, utilities, radio/fm
   Melihat sekilas tampilan-tampilan MIUI 6, nampaknya daya tarik Android memang akan semakin meningkat—terutama di negara-negera berkembang. Apple akan makin dibuat pusing. Setelah Samsung, target tuntutan hukum Apple agaknya Xiaomi... :)
   MIUI bisa dipasang pada smartphone merek selain Xiaomi, tentu saja dengan sedikit—atau lebih mungkinnya, tak sedikit—utak atik yang biasanya memakan waktu.[]

Via: Android and Me, Situs Xiaomi, Ulasan MIUI 6/Komunitas Xiaomi, Xiaomi MIUI 6 pada Mi 4/Komunitas Xiaomi

Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds