Rabu, 04 Juni 2014

Menyimpan Tata Letak Start Screen pada Windows 8/8.1

Salah satu ciri khas Windows 8/8.1 adalah live tile (ubin hidup). Ubin-ubin pada Start screen ini bisa menampilkan informasi sekilas tentang app. Misalnya News Bento app atau Readiy, maka ubinnya akan menampilkan berita-berita yang kita pantau--lengkap dengan ilustrasinya bila ada.
   Sebagai pengguna laptop, maka saya lebih senang memanfaatkan Start screen menjadi semacam news reader yang berisikan ubin-ubin dinamis dari beragam situs yang ingin saya pantau. Inilah nukilan Start screen saya:

   Saya akui, saya lebih suka menggunakan News Bento/NB--meski agaknya sudah tak dikinikan lagi--karena NB bisa lebih sering menampilkan isi berita terakhir dan gambar daripada Readiy yang lebih sering menampilkan logo app-nya alih-alih kilasan info. Readiy hanya memiliki keunggulan bisa membuat ubin ukuran besar (large).

   Nah, setelah memiliki sekian banyak ubin berikut penataan letak yang kita sukai, tentu sangat merepotkan kalau harus memulai lagi dari nol saat sewaktu-waktu terpaksa harus memasang-ulang Windows.
   Ada sebuah cara untuk menyimpan tata letak Start screen seperti yang dikemukakan sebuah artikel di Winaero.com.
   Intinya kita harus mencadangkan (backup) berkas tempat Start screen menyimpan semua ubin dan pintasan yang dipinkan padanya:
%LocalAppData%\Microsoft\Windows\appsFolder.itemdata-ms

Mencadangkan (Backup) Berkas Setelan

Caranya mudah, salin saja berkas ini ke folder tempat kita menyimpan berkas cadangan:
1. Buka File Explorer lalu copy-paste letak folder tadi (%LocalAppData%\Microsoft\Windows\) ke baris alamat FE lalu tekan Enter,
2. Salin (copy) berkas appsFolder.itemdata-ms ke folder cadangan (backup) Anda.

Memulihkan (Restore) Berkas Setelan

Kini, saat Anda ingin memulihkan tata letak Start screen setelah memasang-ulang Windows misalnya, lakukan:
1. Siapkan berkas cadangan di folder yang mudah, misalnya D:\Temp,
2. Buka alamat tadi (%LocalAppData%\Microsoft\Windows\) pada FE, lalu jalankan Command Prompt (Admin) dari menu: File -> Open command prompt -> Open command prompt as administrator,

Biarkan jendela command prompt tadi tetap terbuka,
3. Nonaktifkan dulu Explorer dengan menekan tombol Ctrl-Shift lalu klik-kanan pada taskbar dan pilih Exit Explorer,

Taskbar dan latar belakang Windows akan menghilang sebagai pertanda Explorer sudah tidak aktif,

4. Ketikkan perintah berikut pada command prompt,
copy d:\temp appsFolder.itemdata-ms

tekan Enter dan tata letak Start screen pun terpulihkan.
5. Kini jalankan lagi Explorer dengan menekan tombol Ctrl-Shift-Esc untuk menjalankan Task Manager. Lalu dari menu File -> Run new task, ketikkan explorer, klik OK,

Explorer akan aktif kembali.

   Demikian, semoga bisa menghemat waktu kita saat terpaksa memasang-ulang Windows[]

Via: Winaero

Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds