Kamis, 31 Juli 2014

Meningkatkan Privasi pada Cyberfox/Firefox

Mozilla—pengembang Firefox—mengikat kerja sama dengan Google yang nilainya ratusan juta dolar tiap tahunnya. Peramban itu makin banyak bergantung pada layanan Google hingga makin banyak mengirimkan informasi kebiasaan meramban kita ke Google. Informasi privasi yang dikirimkan makin banyak dan makin meresahkan.
   Ada beberapa kiat untuk mengurangi "intipan" Google saat kita asyik meramban.

Ubah Mesin Pencarian Baku

Ini mudah sekali, ada mesin pencari yang memanfaatkan indeks Google tapi tak membocorkan alamat IP kita ke Google.
1. Pergilah ke Mycroft Project, lalu cari mesin pencari bernama StartPage,
2. Pasang add-on itu pada bilah alat pencarian,
Mycroft Project, Start page search add on
3. Beres.
   Pencarian kita akan memanfaatkan Google tapi privasi kita tetap terjaga.

Nonaktifkan Safe Browsing

Mulai Firefox versi 32 (saat penulisan ini, 30 Juli 2014 masih versi 31), untuk meningkatkan keamanan dari serangan malware, Firefox akan memindai berkas executables (.exe, .msi, dst.) yang kita unduh.
   Gawatnya, pemindaian itu memanfaatkan basis data yang dimiliki Google. Singkatnya, Google akan selalu mengetahui apa saja berkas yang kita unduh.
   Cara mematikan fitur ini:
1. Ketikkan about:config pada bilah alamat peramban,
2. Carilah browser.safebrowsing, yang akan memunculkan cukup banyak preferensi,
Firefox/Cyberfox, about:config, safe browsing
3. Nonaktifkan penggunaan basis data Google dengan mengosongkan isian dari preferensi browser.safebrowsing.appRepURL. Klik 2 kali lalu hapus isinya ini:
https://sb-ssl.google.com/safebrowsing/clientreport/download?key=%GOOGLE_API_KEY%
   Bila suatu waktu ingin membatalkannya, cukup klik-kanan pada preferensi ini lalu pilih Reset.
4. Jika ingin menonaktifkan sama sekali safe browsing, maka klik 2 kali saja preferensi browser.safebrowsing.enabled hingga nilainya berubah menjadi false.
   Peringatan: Pastikan sistem Anda sudah dilengkapi antivirus seperti misalnya Windows Defender (sudah terpasang pada Windows 8), atau BitDefender Free Edition, yang memastikan unduhan Anda aman dari virus maupun malware lainnya.

Nonaktifkan Pelacakan Lokasi

Ini fitur yang meminta ijin menggunakan lokasi Anda saat pertama kali mengunjungi sebuah situs atau menjalankan layanan (app/aplet) dari sebuah situs.
   Firefox memanfaatkan—lagi-lagi—layanan geolokasi milik Google. Hmm..., Google memang gemar mengintip, ya...
   Cara menonaktifkannya:
1. Ketikkan about:config pada bilah alamat peramban,
2. Cari geo.enabled, lalu klik 2 kali untuk mengubah nilainya menjadi false.
Firefox/Cyberfox, about:config, geolocation
3. Anda juga bisa sekalian mengosongkan nilai geo.wifi.uri. Atau menggantinya dengan layanan Mozilla dengan meng-copy-paste isian berikut,
https://location.services.mozilla.com/v1/geolocate?key=nightly

Google Update Plugin

Jika Anda memasang salah satu aplikasi dari Google, misalnya Google Chrome atau Google Drive, dll., maka Firefox akan otomatis memasukkan Google Update plugin ke dalam daftar plugin-nya.
   Ketikkan saja about:addons lalu pindah ke tab Plugins, periksa bila ada, lalu ubah setelannya menjadi "Never Activate."
Firefox/Cyberfox, about:addons -> plugins
   Kebetulan hampir semua aplikasi di komputer saya portabel, jadi ilustrasi di atas hanya menampilkan sedikit sekali plugin. Inilah keuntungan menggunakan aplikasi portabel, sistem Anda juga menjadi lebih aman dari intipan Google :)[]

Artikel Terkait: Aplikasi: Portabel Lebih Baik! | Sepilihan Aplikasi Portabel Lepas Lokan/Open Source dan Gratis/Freeware.

Via: ghacks.net, Winaero

Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds