Sabtu, 19 Juli 2014

Menghadirkan Menu Klasik Sebelum Firefox 29/Australis dengan Cyberfox

Sejak versi 29, Firefox berganti wajah menjadi lebih mirip Google Chrome—pada tampilan tab maupun menu "hamburger". Perubahan paling drastis adalah penghilangan menu tarik (pull down) dan menggantinya dengan menu "hamburger" yang lebih ramah guna bagi pengguna layar sentuh (ikonnya lebih besar). Tampilan baru ini dikenal dengan sebutan antar muka Australis.
Firefox 29/Australis on Windows 8 64-bit
   Namun pengguna yang belum terbiasa dengan menu baru ini tentu ingin menghadirkan kembali menu klasik (pull down) yang ada sebelum Firefox versi 29.
Cyberfox versions
   Bagi pengguna Windows 64 bit, ada sempalan (fork) Firefox untuk Windows 64 bit/x64 (Vista/7/8, tidak mendukung XP), yakni Cyberfox (8pecxstudios). Sempalan ini juga ditambahi beberapa pernak-pernik seperti tampilan ikon pada menu konteks (klik kanan).
   Selain berubah penampilan, Firefox 29 juga dioptimasi agar berkinerja lebih cepat. Jika dikombinasikan dengan pemrosesan sistem 64 bit, maka otomatis Cyberfox menjadi lebih kencang dibandingkan Firefox yang asli.
   Secara baku, Cyberfox tetap menampilkan menu klasik (pull down) Firefox di sudut kiri atas, tampilan tab juga masih tampilan lama.
Cyberfox default appearance
   Namun Cyberfox memberikan banyak tambahan pilihan pada menu konteks Customize Cyberfox untuk mengubah tampilannya.

Mengubah Tampilan Tab

Kita bisa mengubah tampilan tab agar seperti tampilan baru yang ala Google Chrome dengan mengklik kanan pada toolbar -> Customize Cyberfox,
Cyberfox: Context menu -> Cyberfox Customize
lalu pada tab Main di bagian Tabs ganti menjadi Curved tabs (Australis default), klik OK.
xxx

Memindahkan Menu Klasik ke Toolbar

Selanjutnya, agar tampilan lebih mirip Australis tapi tetap tak menghilangkan menu klasik, buka lagi menu Customize Cyberfox, kali ini pada bagian Application button ubah dari Button on [Cyberfox] titlebar menjadi Button on toolbar, klik OK.
Customize Cyberfox: Application Button: Button on Toolbar
   Kini kita telah memiliki tampilan ala Australis, tapi tetap memiliki menu klasik (pull down) pada toolbar. Bentuk dan warnanya pun bisa kita ganti dari menu tambahan Customize Cyberfox tadi.
Cyberfox with Australis interface and classic Firefox pull down menu

   Selamat mencoba-coba opsi yang lain![]



Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds