Rabu, 27 Agustus 2014

PicPick: Pemotret/Penangkap Layar (Screenshot/Screen Capture) yang Serba Bisa (Ulasan/Review)

PicPick: Pemotret/Penangkap Layar (Screenshot/Screen Capture) Yang Serba Bisa (Ulasan/Review)
Peranti produktivitas penting untuk mendampingi LibreOffice, OpenOffice, atau Microsoft Office, adalah peranti penangkap layar/gambar (screenshot/screen capture).
   Ini termasuk peranti penting karena ilustrasi bisa membantu menyampaikan pesan dalam dokumen secara lebih efektif, dan lebih cepat. "Sebuah gambar bernilai ribuan kata," demikian pepatahnya.
   Bila kita periksa daftar alternatif penangkap layar di alternativeTo.net, maka kita dapatkan peringkat popularitas berikut,
PicPick: Pemotret/Penangkap Layar (Screenshot/Screen Capture) Yang Serba Bisa (Ulasan/Review)    Fungsi penangkapan layar PicPick sudah mampu menangkap scrolling window seperti yang saya gunakan menangkap halaman alternativeTo.net di atas. Ini mengungguli fitur Greenshot yang peringkat pertama.
   Menu penangkapan layar yang disediakan bisa dibilang lengkap,
PicPick: Pemotret/Penangkap Layar (Screenshot/Screen Capture) Yang Serba Bisa (Ulasan/Review)    Dibandingkan alternatif lain, Jing, PicPick belum memiliki kemampuan menangkap video. Jadi, belum bisa dimanfaatkan untuk membuat video panduan untuk diunggah ke YouTube.
   Fitur penyuntingan ringan sudah dimiliki PicPick,
PicPick: Pemotret/Penangkap Layar (Screenshot/Screen Capture) Yang Serba Bisa (Ulasan/Review)
   Namun ukuran berkas yang dihasilkan PicPick biasanya agak boros ruang. Ini sebabnya saya gunakan Paint.NET untuk menyimpan-ulang gambar agar lebih kecil ukurannya.
   Gunakan format PNG untuk gambar dengan warna-warna non-gradasi/datar (flat), sementara untuk gambar bergradasi seperti foto gunakan JPG agar lebih hemat ruang.
   Keistimewaan PicPick dibandingkan peranti penangkap layar lainnya adalah tambahan beberapa alat seperti,
~ Color Picker,
~ Color Palette,
~ Magnifier,
~ Pixel Ruler,
~ Protractor,
~ Crosshair,
~ Whiteboard.
   Whiteboard bermanfaat untuk mencorat-coret layar saat presentasi. Color palette sangat bermanfaat untuk menemukan kode HTML dari suatu warna,
PicPick: Pemotret/Penangkap Layar (Screenshot/Screen Capture) Yang Serba Bisa (Ulasan/Review)
   Pixel ruler sering saya gunakan untuk mengukur gambar atau lebar kolom pada blog, misalnya,
PicPick: Pemotret/Penangkap Layar (Screenshot/Screen Capture) Yang Serba Bisa (Ulasan/Review)
   Itulah sebagian keistimewaan PicPick. Meski dari sisi popularitas masih di bawah Greenshot, atau Jing; tapi popularitasnya jelas makin meningkat seiring dengan penambahan fitur yang terus dilakukan pengembangnya, NTeWORKS.
   Semoga dokumen Anda menjadi lebih kaya gagasan dan menarik dengan PicPick![]

Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds