Jumat, 29 Agustus 2014

Smartphone Firefox OS Pertama di Asia Dirilis di India

Smartphone Firefox OS Pertama di Asia Dirilis di India Kita sudah mengenal iOS, Android, juga Windows Phone. Ketiganya produk komersial milik masing-masing Apple, Google, dan Microsoft.
   Mozilla memperkenalkan Firefox OS sebagai alternatif yang lebih terbuka dan tidak membatasi pengembang aplikasi.

Firefox OS: Sistem Operasi Peranti Mobil Berbasis Standar Terbuka

Smartphone Firefox OS Pertama di Asia Dirilis di India Firefox OS adalah sistem operasi peranti mobil pertama—untuk smarphone, fablet, tablet—yang sepenuhnya dibangun dengan standar open Web. Semua aplikasinya bisa dibuat dengan HTML 5.
   Firefox OS lebih fleksibel untuk diutak-atik (customized) pengembang dan produsen peranti keras daripada misalnya Google Android. Meski sama-sama diturunkan dari proyek lepas lokan/open source Android.
   Kita bisa menjajal sistem operasi ini melalui Firefox OS 1.1 Simulator yang addon-nya tersedia bagi pengguna Firefox—juga bagi variannya seperti Cyberfox, Waterfox, atau Pale Moon. Sistem terbaru saat penulisan artikel adalah Firefox OS 2.1.0 (tahap Code Complete, 21 November 2014).
Smartphone Firefox OS Pertama di Asia Dirilis di India
   Segmen pasar yang dituju terutama pengguna ponsel biasa (feature phone) yang ingin beralih ke smarphone di negara-negara berkembang—alias segmen pasar low end atau entry level. Respon Google untuk segmen ini adalah Android One.
   Namun dengan tren harga yang makin miring dan spek. yang makin tinggi dari produsen seperti OnePlus, Xiaomi, IUNI, dan mungkin akan disusul Meizu, Lenovo dan Huawei; maka daya tarik utama Firefox OS adalah keterbukaan ekosistemnya.
   Kelemahan Firefox OS saat ini adalah ketiadaan store yang terpusat dan populasi aplikasi yang masih sedikit. Meski dari sisi lain, ini sebenarnya peluang bagi:
~ pihak ketiga—terutama tiap produsen smartphone—untuk membuka Firefox OS store sendiri seperti misalnya di ranah Windows 8 ada Pokki yang membuka store menandingi Windows Store, juga
~ pengembang untuk masuk ke pasar yang dari sisi teknologi—yakni berbasiskan standar terbuka—memiliki potensi yang bagus.

Intex Technologies Merilis Cloud FX, Smartphone Firefox OS Pertama di Asia

Baru-baru ini Intex Technologies merilis smartphone berbasis Firefox OS pertama di Asia—khususnya India. Smartphone bermerek Intex Cloud FX ini termurah untuk saat ini, harganya sekitar $33 (Rp400ribu-an).
   Hal yang menarik adalah spesifikasinya yang mirip sekali dengan iPhone generasi pertama yang dirilis pada 2007—atau 7 tahun yang lalu. Ini dilansir oleh Mat Toor (Phone Cruncher,  26 Agustus 2014).
Smartphone Firefox OS Pertama di Asia Dirilis di India    Kesamaan itu menimbulkan spekulasi bahwa Mozilla dan Spreadtrum (produsen prosesor Cloud Fx dari Cina) memang sengaja menjadikan iPhone—produk yang menjadi tolok ukur kategori smartphone saat diluncurkan 7 tahun lalu—sebagai pijakan awal bagi generasi baru smartphone kategori murah meriah ini.

Spesifikasi Teknis iPhone 1 vs Intex Cloud FX


iPhone 1 (2007) Intex Cloud FX (2014)
Price £499 £19.90
RAM 128MB 128MB
Internal memory 4GB 45MB usable
Processor 412MHz Samsung ARM 11 1GHz Spreadtrum 6821
Screen Size 3.5-inch 3.5-inch
Screen resolution 320 x 480px 320 x 480px
Dimensions (mm) 115 x 61 x 11.6 115.9 x 62 x 11.8
Weight 135 grammes 104 grammes
Camera (primary) 2MP 2MP
Camera (secondary) No No
3G No No
WiFi Yes Yes
Proximity sensor Yes Yes
Accelerometer Yes Yes
Compass No No
GPS No No
   Perbedaan utama adalah harga yang 25 kali lebih murah, prosesor 2,5 kali lebih cepat, dimensi sedikit lebih besar meski berat tidak terlalu terasa bedanya.
   Perbedaan menonjol adalah internal memori yang bisa digunakan pengguna hanya 45MB (user memory) dari total 256MB yang sebagian besar terpakai sistem operasi dan aplikasi bawaan. Intex menyatakan memori eksternal bisa diekspansi hingga 4GB.
   Tidak diketahui Firefox OS versi berapa yang digunakan, versi terbaru yang sudah dirilis 17 Maret 2014 adalah 1.3.
Intex Cloud FX | Rs1999/$33 (Rp396.000)
Prosesor1GHz Spreadtrum 6821.
Sistem Operasi. Firefox OS (versi ?).
Layar. 3.5 Inch Capacitive Display, 320x480, HVGA Display.
MemoriInternal: 256MB total, 45MB (usable user memory), RAM: 128MB, SD Card: up to 4GB.
Jaringan. 2G, GSM:900/1800MHz, GPRS, EDGE.
SIM. Dual SIM (GSM+GSM).
Kamera. Primary: 2MP. Secondary: No. Video Recording: Yes.
Konektivitas. Wifi, USB, Bluetooth.
Multimedia. Video, Audio, FM.
Sound. Loudspeaker, 3.5mm jack.
Dimensi. 115.9x62x11.8mm; 104g.
Fitur lain. Multiple Languages (English, Hindi, Tamil).
Batere. 1250mAh; Talk time: 4h, Standby time: 200h.
In Sales Package. Handset, Earphone, Battery, Travel charger, Data cable, User manual, Warranty card.
   Cloud FX juga dilengkapi dual-SIM, Bluetooth, fungsi terpasang untuk memantau penggunaan data (data usage), dukungan multi-bahasa.

   Bagi pengguna yang hanya memiliki keperluan menelpon, SMS, dan sedikit meramban (browsing), maka Firefox OS dapat menjadi alternatif yang bagus. Mengapa? Sistemnya masih sederhana hingga lebih mudah dipelajari pemula smartphone.
   Selamat datang di Asia, Firefox OS! :)[]

Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds