Sabtu, 19 Juli 2014

Inspirasi Manajemen dari Komunitas Open Source

Belajar Manajemen dari Perusahaan Peranti Lunak Nirlisensi/Open Source atau Inspirasi Manajemen dari Komunitas Open Source Penulis: Ronny Astrada
Penerbit: Ekuator|Mizan, Jakarta
Tahun penerbitan: 2006
Dimensi: 20,5 x 13cm, kulit-muka tipis
Tebal (hlm): 204
ISBN 979-3572-15-9
Harga (saat penerbitan): Rp35.000

Nirlisensi (open source/lepas lokan) bukan sekadar gerakan para pehobi pemrograman untuk "kerja bakti" membangun program. Ada paradigma manajemen baru yang secara tidak sadar mereka bangun. Paradigma itu–meminjam istilah Eric Steven Raymond–dapat dinamai manajemen ala bazaar.

   Manajemen ala bazaar itu telah membuahkan produk-produk tiluna berkelas tinggi, sebut saja sistem operasi server GNU/Linux, atau sistem operasi webserver Apache, juga nama-nama kondang seperti Firefox, Thunderbird, OpenOffice.org, Audacity, Python, Eclipse, Blender, dan daftar ini tidak akan berhenti–karena setiap hari hadir proyek baru di dunia lepas lokan.
[] Apa sajakah paradigma manajemen ala bazaar yang secara "tidak sadar" dilakoni para partisipan lepas lokan itu (open source)?
[] Bagaimana mengadaptasikan manajemen ala bazaar bagi bisnis sehari-hari?
[] Apa saja model bisnis teknologi informasi pasca-Microsoft?
[] Bagaimana masa depan budaya hak intelektual (copyright) di tengah kesuksesan copyleft (lepas lokan)?
   Di Indonesia, baru buku inilah yang paling lengkap mengulas inspirasi-inspirasi manajemen dari komunitas "kerja bakti" lepas lokan berikut konsekuensi-konsekuensinya kini dan mendatang.

Halaman Sampel (zipped djvu 0.65Mb)
Jangan lupa unduh reader-nya SumatraPDF



Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds