Sabtu, 23 Agustus 2014

Apakah Satu Alasan Utama untuk Menggunakan Tiap Peramban 6 Besar Ini?

Menurut data Net Market Share yang dilaporkan Peter Bright (Ars Technica) per bulan Juni 2014, peramban utama untuk semua kategori peranti keras—mulai komputer hingga smartphone—memberikan peringkat 6 besar berikut,
Worlwide combined browser market share: 06/2014
   Saya bisa dibilang pernah atau masih menggunakan semua peramban 6 besar ini. Peramban utama saya adalah Cyberfox—varian Firefox yang 64-bit.
   Tapi mengapa kita butuh lebih dari 1 peramban? Apakah satu saja fungsi terpenting suatu peramban yang membuat kita mau tak mau mengoleksinya? Apakah satu saja alasan utama untuk memiliki atau menggunakan suatu peramban?
   Ini dia alasan saya untuk masih menggunakan...

1. Internet Explorer

Ia sudah terbawa bersama Windows 8, tapi ternyata fungsi utama yang membuatnya tak saya deinstalasi adalah
Inilah satu-satunya peramban yang bisa mengunduh device driver dari Microsoft Update Catalog!
Satu Alasan Utama Mengapa Menggunakan Setiap Peramban 6 Besar Ini

2. Google Chrome

Kalau melihat statistik pangsa penggunanya di StatCounter, kita akan melihat gambaran yang berbeda daripada statistik Net Market Share. Data StatCounter menunjukkan betapa dunia sudah dihijaukan oleh Chrome,
Satu Alasan Utama Mengapa Menggunakan Setiap Peramban 6 Besar Ini
   Pendekatan StatCounter tidak berdasarkan pengguna unik, itu sebabnya hasilnya pun berbeda.
   Nah, apa sih alasan utama pengguna ingin memiliki juga Google Chrome dalam koleksinya?
Alasan utama sejak pertama kali Chrome dirilis dan masih berlaku hingga sekarang: kecepatan! Alasan ini akan makin kuat saat Chrome versi 64-bit—yang dinyatakan pengembangnya akan 25% lebih cepat—dirilis.
Satu Alasan Utama Mengapa Menggunakan Setiap Peramban 6 Besar Ini

3. Firefox

Kembali ke statistik StatCounter di atas, Firefox terlihat signifikan di negara-negara yang terbilang memiliki kekhasan tersendiri:
~ Indonesia (Muslim Sunni terbesar dunia),
~ Iran (Muslim Syi'ah terbesar dunia),
~ Jerman (kalau AS negeri high tech maka Jerman adalah negeri high engineering),
~ Polandia (bendera mirip Indonesia, hanya terbalik), dan
~ negara-negara Afrika di ekuator (sama-sama khatulistiwa seperti Indonesia).
   Ha-ha..., alasan untuk dua butir terakhir memang sengaja saya paksakan....
   Nah, apa alasan utama untuk mengoleksi Firefox? Atau varian 64-bitnya seperti Cyberfox atau Waterfox?
Firefox masih merupakan peramban dengan dukungan add-on/extension paling kaya. Butuh ekstensi apapun, selalu ada saja! Chrome pun masih bisa dibilang 2-3 langkah tertinggal kalau untuk urusan ini.
Satu Alasan Utama Mengapa Menggunakan Setiap Peramban 6 Besar Ini

4. Safari

Seperti biasa, Jobs [alm] dkk. di Apple memang pandai memberi nama produk dengan mengambil makna dari kegiatan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Safari, dari bahasa Arab safar yang berarti perjalanan darat atau ekspedisi berburu.
   Saya dulu penggemar Safari saat masih ada versi Windowsnya (versi terakhir masih bisa diunduh di sini). Saya suka fitur menyimpan halaman dalam format kompak webarchivepadanannya adalah ekstensi MAFF pada Firefox, atau SingleFile pada Chrome. Selain itu memang cepat, meski tak secepat Chrome.
   Nah, apa satu alasan utama untuk memiliki Safari?
Tentu saja, kalau Anda memiliki peranti keras buatan Apple...
   ... :) Mau tak mau hanya ini alasan utama yang terpikirkan. Safari memang dirancang untuk komputer juga smartphone buatan Apple.
Satu Alasan Utama Mengapa Menggunakan Setiap Peramban 6 Besar Ini

5. Opera

Opera sejak awal 2013 beralih dari render engine Presto ke Webkit kemudian Blink—pokoknya mengikuti Chrome. Hasilnya, kini Opera memang secepat Chrome tapi dengan fitur tampilan yang berbeda—dan menurut saya manis.
   Saya suka versi Dev-nya yang sudah dilengkapi fitur-fitur baru seperti bookmarks atau tab preview, yakni bisa mempratinjau isi tab lain,
Satu Alasan Utama Mengapa Menggunakan Setiap Peramban 6 Besar Ini
   Ulasan lengkapnya bisa lihat artikel Opera: Sebuah Kelahiran Kembali.
   Nah, lalu andai hanya boleh memilih satu alasan, apakah yang membuat saya memakai dan mengoleksi Opera—bahkan ketiga versinya: Stable, Next, dan Developer?
Menjaga agar alternatif Chrome ini tetap hidup. Chrome semakin keterlaluan merambah privasi pengguna. Memberi Chrome pesaing akan membuat sikap tiranikal Google bisa lebih terkontrol. Setidaknya ada alternatif pelarian bagus kalau Google semakin nglunjak!

6. Android

Ini peramban populer pada gawai/gadget Android. Saya sendiri lebih suka Dolphin karena mampu menampilkan/render halaman lebih baik dibandingkan peramban lain termasuk Opera Mini apalagi UC Browser Mini.
   Kelemahan utama Dolphin adalah 2-3 kali lebih lambat dibandingkan Opera Mini, ...apalagi UC Browser Mini—maaf kalau diulang..., tapi pengalaman menunjukkan begitu!
   Ada sebuah peramban alternatif baru yang menarik, Atlas Web Browser. Cepat, dan tampilannya sudah material design tapi masih beta,
Satu Alasan Utama Mengapa Menggunakan Setiap Peramban 6 Besar Ini
   Nah kini, andai cuma bisa memilih satu alasan, maka apa alasan utama untuk menggunakan Google Android Browser?
Malas memasang peramban lain, atau yang paling sering: ingin menghemat ruang, karena peramban baku dari Google ini memang tak bisa dideinstalasi... :(
Satu Alasan Utama Mengapa Menggunakan Setiap Peramban 6 Besar Ini

   Itulah daftar ringkas, rileks, dan santai mengenai apa alasan primer untuk menggunakan peramban 6 besar di dunia saat ini.
   Semoga menghibur dan informatif :)

   Kalau Anda, apa alasan Anda untuk tiap peramban tadi?[]

Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds