Sabtu, 27 September 2014

Ello: Media Sosial Bebas Iklan dan Menjaga Privasi

Ello: Media Sosial Bebas Iklan dan Menjaga Privasi
Bosan dengan aturan-aturan dan "pembredelan" ala Orba di Facebook? Halaman yang makin penuh iklan dan membingungkan?
   Kini ada media sosial alternatif yang memang dibuat dengan menjaga privasi Anda, seperti yang dijelaskan di situsnya,
Saat Anda menggunakan Ello kami mengumpulkan beberapa informasi terkait kunjungan Anda. Informasi ini membantu kami memahami secara garis besar bagaimana orang menggunakan Ello, hingga kami dapat membuat jejaring sosial kami ini lebih baik.
Tak seperti hampir semua jejaring sosial lain, di Ello Anda bisa memilih untuk tidak membagi informasi tentang Anda ini.
   Ello juga bebas iklan dan tidak melacak kebiasaan Anda agar bisa menampilkan iklan yang selaras dengan kebiasaan itu,
Ello tidak menjual iklan. Maupun menjual data tentang Anda ke pihak ketiga.
Hampir semua jejaring sosial dikelola oleh agensi iklan. Di balik layar mereka mempekerjakan pasukan penjaja iklan dan penambang data untuk mencatat semua yang Anda lakukan. Data tentang Anda itu kemudian dilelang ke para pemasang iklan dan perantara (data brokers). Anda adalah produk yang diperjualbelikan.
Mengumpulkan dan menjual data pribadi Anda, membaca posan Anda ke kawan-kawan, dan memetakan koneksi sosial Anda demi laba adalah menyeramkan sekaligus tidak sopan. Di balik dalih menawarkan layanan "gratis", pengguna membayar tinggi dengan iklan yang mengganggu dan ketiadaan privasi.
Kami juga merasa iklan itu gombal (tacky), mereka menghina kecerdasan kita dan kita akan lebih baik tanpa semua itu.
   Nah, tertarik? Para pengguna di Jerman boleh dibilang yang paling banyak saat ini menjadi pengguna Ello, karena fitur privasinya tadi.
   Mengingat pengguna Jerman juga pengguna besar Firefox seperti halnya pengguna Indonesia. Mungkin selera pengguna Indonesia akan Ello juga sama besarnya seperti para pengguna Jerman tadi?
   Silakan coba lihat sendiri ke Ello.[]

ViaMichelle Castillo (ADWEEK, September 26, 2014, 3:06 PM EDT).

Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds