Senin, 23 Juni 2014

Agar Laptop Tak Cepat Panas (Overheating)

Berapa sebenarnya panas normal laptop atau komputer pada umumnya? Bagaimana cara memantaunya? Berapa lama waktu minimum untuk mendinginkan laptop/komputer?

Suhu Normal Laptop/Komputer

Pada pemakaian normal, laptop/komputer biasanya berada pada kisaran suhu 40ºC hingga 50ºC. Ini berlaku bagi tiap-tiap komponen utama yang rentan suhu yakni prosesor, hard disk/HDD, dan GPU/Graphic Processing Unit—bila ada.

   Pada pemakaian intensif, misalnya saat melakukan graphic rendering, video processing, atau bermain game—maka suhu masih dikatakan normal bila berkisar pada 60-80ºC.
   Batere laptop sebaiknya dilepas pada pemakaian intensif, karena rentan panas (lebih lanjut soal batere, silakan baca artikel Serba-Serbi Sekitar Batere Komputer).
   Saat suhu sudah mulai mencapai 90ºC maka sebaiknya matikan dulu laptop karena pemakaian lama pada suhu ini akan berakibat buruk.
   Apabila suhu sampai menyentuh 95ºC lebih dalam waktu lama maka kemungkinan besar komponen akan rusak. Jika hingga 100ºC, maka solderan komponen akan meleleh dan komputer dipastikan rusak.
   Jadi suhu normal pemakaian lama sebaiknya 80ºC ke bawah, suhu normal ideal pemakaian lama adalah 60ºC ke bawah.

Bagaimana Jika Suhu Sempat Mencetak "Rekor"?

Jika laptop/komputer Anda sempat mencetak "rekor" suhu 95ºC alias kepanasan (overheating), maka unduhlah OCCT (http://www.ocbase.com/) lalu lakukan power supply test yang akan menekan HDD, RAM, CPU, dan GPU secara bersamaan selama 30 menit.
   Amati sistem Anda terus-menerus, bila:
~ layar mulai pecah-pecah (artifacts/garbled), maka mungkin GPU telah mengalami overheating dan rusak,
~ kalau muncul peringatan "layar biru" (BSOD/Blue Screen of Death), maka prosesor/CPU atau motherboard rusak,
~ kalau sistem terkunci (hang) atau restart sendiri, maka mungkin PSU/Power Supply Unit yang kena.
   Kalau sejak laptop/komputer dinyalakan ada pesan dengan arti kira-kira "sistem operasi tidak dikenali" maka HDD/Hard Disk Drive Anda sudah rusak.

Bagaimana Memantau Suhu Sistem Setiap Saat?

Ada banyak utilitas gratis yang beredar seperti RealTemp (CPU), GPU-Z, HW Monitor, dan masih banyak lagi yang bisa ditemukan di alternativeto.net.

BatteryCare

Ini sudah saya ulas dalam artikel lain, Serba-Serbi Sekitar Batere Komputer. Bagi pengguna laptop BatteryCare seperti bonus. Selain memantau batere ia juga bisa memantau suhu prosesor/CPU dan hard disk/HDD.
BatteryCare memantau suhu CPU dan hard disk/HDD
   Agar fitur pemantau suhu tadi aktif, jangan lupa mengklik opsi-opsi berikut:
Opsi Autostart with Windows pada BatteryCare

Opsi Run in Administrator Mode pada BatteryCare

Open Hardware Monitor

Utilitas lain yang saya suka adalah Open Hardware Monitor/OHM (http://openhardwaremonitor.org/) karena selain portabel juga lengkap, yakni bisa memantau CPU, HDD, juga GPU—bila terpasang pada komputer.
   Kita bisa menampilkan suhu komponen baik CPU, HDD, dan GPU (bila ada) pada tray atau sebagai gadget seperti terlihat pada gambar.
Open Hardware Monitor, Show Gadget

Berapa Lama Waktu untuk Mendinginkan Laptop?

Nah, kini ke pertanyaan terakhir. Secara umum waktu paling aman adalah 30 menit sejak mematikan atau menghibernasi laptop/komputer. Bila Anda butuh cepat-cepat memakai lagi, maka setidaknya rehatkan selama 15 menit.
   Jangan menghidupkan dan mematikan laptop—termasuk sleep/hibernasi—terlalu sering. Jika hendak memeriksa surel/email lalu mau mengambil air mineral sebentar maka biarkan menyala saja. Siklus mati/hidup sebaiknya sekitar 1 jam.
   Bila laptop/komputer akan digunakan mengunduh semalaman, maka pastikan suhu rata-rata penggunaan sehari-hari tidak pernah menembus melebihi 60ºC (suhu normal ideal)—bukan 80ºC. Jika ya, maka:
~ bersihkan dulu kipas juga bagian dalam laptop/komputer dari debu,
~ letakkan pada bidang yang datar,
~ lebih baik lagi pada dudukan/stand sehingga ada ruang di bawah laptop/komputer untuk aliran udara.
   Jika dudukan dilengkapi kipas, jangan nyalakan, karena justru akan mempercepat debu masuk ke dalam laptop/komputer (lebih lanjut soal pemakaian yang baik silakan baca artikel Tip Pemeliharaan Laptop).
   Jika sudah pernah menembus angka 80ºC dikhawatirkan akan menembus "rekor" saat Anda sedang tertidur lelap dan mendapat mimpi buruk saat bangun tidur... :)[]



Written by

LepasLokan.org—melalui majalah lepas Open Your Windows, Indonesia! —mempromosikan penggunaan aplikasi bebas biaya/gratis—baik dari sumber lepas lokan ( open source ) maupun gratis ( freeware )—yang berbasiskan sistem operasi Windows, juga artikel teknologi di sekitar Windows XP/Vista/7/8, gawai ( gadget ), dan Internet pada umumnya.

 

© 2011-2014 Open Your Windows! | All rights reserved | Designed by Templateism | Open Your Windows, Indonesia! RSS Feeds